sunset

sunset

Friday 6 May 2011

Bahasa Alay

Dua hari ini, saya harus menghubungi (via sms atau telpon) calon etoser yang lolos seleksi adminstrasi untuk memberi kabar bahwa mereka lolos seleksi tahap 1 dan harus mengikuti seleksi tahap 2 yang akan diselenggarakan hari minggu ini ( 8 Mei 2011 ). Untuk menghubungi caetoser ini sebenarnya tidak hanya diberikan kepada saya saja tetapi kepada semua etoser. Masing-masing etoser harus menghubungi kurang lebih 15 caetoser.
Calon etoser yang harus dihubungi adalah anak-anak SMA yang notabenenya masih labil.Labil ? Hmm, entahlah kata apa yang tepat untuk menggambarkan mereka.
Setelah selesai menelpon caetoser, saya tahu bahwa tugas saya sebenarnya belum selesai. Mereka akan menanyakan (via sms) segala hal yang berkaitan dengan proses seleksi yang akan mereka hadapi seperti menanyakan bagaimana cara mencapai tempat seleksi, apa saja yang harus dipersiapkan, pakaian seperti apa yang diperbolehkan untuk dikenakan,dan hal-hal detail lainnya yang berhubungan dengan proses seleksi. Ok, tak apa. Saya tahu benar kondisi mereka karena tiga tahun yang lalu pun saya pernah merasakan berada di posisi mereka. Ok, saya akan menjawab sms mereka dengan senang hati :) .
Apa yang saya pikirkan ternyata benar.Sms demi sms dari caetoser pun memenuhi kotak masuk sms di HP saya. Akan tetapi, untuk menjawab sms yang mereka kirimkan ternyata tak semudah yang dibayangkan. Perlu waktu (agak) lama untuk memahami pertanyaan mereka. Sudah dapat ditebak apa permasalahannya. Yup, kebanyakan dari mereka menggunakan bahasa alay.
Tulisan dengan huruf kapital dan huruf kecil berselang-seling, penggunaan beberapa angka untuk menggantikan beberapa huruf, penambahan konsonan yang tidak perlu. Huh, entahlah apa yang mereka pikirkan saat mengirimkan sms seperti itu kepada saya. Walaupun saya telah mengatakan bahwa saya tidak mengerti dengan tulisan (alay) mereka namun tetap saja mereka tidak mengubah format sms mereka.

salah satu kata alay yang saya terima : Mh!kumzt

Butuh waktu sekitar 2 menit untuk menyadari bahwa kata ini adalah untuk " mikum --> assalamualaikum ", hadeuh..

Wahai anak-anak SMA, marilah kita melestarikan bahasa Indonesia kita dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kembalilah pada jalan yang benar (padahal saya sendiri masih belum mampu berbahasa Indonesia yang baik dan benar, he.. )

3 comments:

  1. hahahaha...eta mah alay na pisan sus..
    ==>Mh!kumzt<==

    ReplyDelete
  2. hati2, bahasa alay jika salah sasaran apalagi jika overdosis, bisa menyebabkan sakit mata n sakit kepala :P

    ReplyDelete
  3. Setuju, ka. Dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah juga ha..ha..

    ReplyDelete