sunset

sunset

Friday, 11 November 2016

Poster

Yeah, its been a year since i participated last year event in synchrotron facility at Thailand. This event called science camp. Actually it is annual event held by them. Then for this year poster, here the poster.
I like this poster because it turn well (for me) hehehe. I sat in the centre and looked happy :) hahaha.. please allow me for doing narcist this time :p

Tuesday, 8 November 2016

Pusat Perabotan Jakarta : Jembatan Lima

Ceritanya adalah lagi cari-cari inspirasi buat kado nikahan temen, salah satu opsinya adalah ngasih perobot rumah tangga yang unyu-unyu seperti barang-barang dari keramik gitu. Nah googling sana sini malah nemu satu tempat rekomendasi buat nyari perobot rumah tangga, di web itu disebutin bahwa di sini juga banyak dijual perobot-perobot vintage seperti piring dan mug seng gitu, eh pas cerita ke mama malah tertarik buat ke sana. Katanya pengen beli piring ma mug seng, alasannya biar gak gampang pecah kayak piring beling tapi gak bau sabun pas dipake kayak piring dari plastik. Nah, dengan alasan inilah akhirnya dua minggu yang lalu saya dan ibu saya pergi ke jembatan lima dari bekasi timur.

Dari bekasi timur, saya naik aptb yang ke arah tanah abang terus di tanah abang nyambung naik angkot 04 tanah abang-jembatan lima. Nah, di jembatan lima ini kebanyakan jualnya sistem grosiran gitu sih, dan macem-macem. ada toko yang khusus jualan perobotan dari plastik, ada toko yang khusus jualan barang stainless, cetakan-cetakan, kuali-kuali. komplit tapi itu masing-masing toko yah. Nah, sayangnya pas kita hari minggu ke sana, toko yang biasan jualan piring seng semuanya tutup, aihhh. kecewa, cyiin wkwkwkw.

ini toko tapi bentuknya kayak lorong gang panjang gitu, isinya semua perabotan plastik, barangnya menarik jadi berharap sistemnya kayak supermarket gitu jadi kita bisa lihat-lihat dulu dengan nyaman sebelum kalap beli :p







Nah, kalo ada yang ingin sightseeing perabotan rumah tangga, bisa kunjungi jembatan lima ini, kalo dari arah tanah abang letaknya setelah pasar jembatan lima, setelah pasar jembatan lima itu banyak toko-toko jenjrengan jual beragam jenis perabotan. Jangan segan tanya aja bisa beli satuan atau gak.

Monday, 31 October 2016

Cintaaaa

Jadi di tengah-tengah mempersiapkan seminar hasil riset minggu kemarin, dengan dudulnya saya malah nonton (lagi) drama korea Jewel in The Palace alias Jang Geum. Iya, itu film tahun 2002, jaman SMP yang setiap sore dinanti-nanti wkwkwkw dan 14 tahun kemudian dan di saat kritis, saya malah pengen nonton lagi. Ada 54 episode , sodara-sodara. 54. Walaupun nontonnya banyak yang diskip-skip tetep aja kalo masing2 episode jadi 30 menit aja berati ada 27jam yang saya sia-siain. Hikss baiklah :(

Nah, sebenarnya kan emang udah tau kan yah alur ceritanya dan akhir ceritanya drama ini juga. Nah, yang saya dapatkan hasil nonton lagi kemarin itu adalah saya jatuh cinta pada pasangan Seo Jang Geum dan Min Jung Ho. Gimana yah? itu kan ceritanya latar belakangnya jauh di saat Korea masih sistem kerajaan gitu, jadinya kultur saat itu yah kayak gitu. Jatuh cinta diam-diam dan malu-malu , saling menyemangati dan saling berusaha membantu sama lain dan saling berkorban dan sedikit sekali skinship nya. Aih, unyu bet wkwkwkwk


Kadang, Cintaaa itu gak selalu harus diekspesikan dengan meledak-ledak, meluap-luap dan pamer-pamer ke seantero jagat alam raya, yang penting nyampe aja ke ybs walaupun dengan kalem dan sabar #ealahhhh ngomong naon sih, Sus :p




Tuesday, 18 October 2016

Angkutan Umum Bekasi Timur ke Rabbani Rawamangun

Rabbani Rawamangun itu adalah toko rabbani pusat untuk kawasan jabodetabek. Tokonya ini hampir sama dengan toko pusatnya yang di Bandung. Saya pernah pergi ke rabbani bandung waktu kuliah dulu dan rabbani rawamangun tahun kemarin dan minggu kemarin. Tahun lalu, saya mengunjungi Rabbani rawamangun setelah pulang dari urusan kerja di daerah rawamangun tersebut. Nah, minggu lalu saya ingin mengajak Ibu saya ke sana sehingga cari-cari cara ke sana dengan murah tapi tetap nyaman.

Rabbani rawamangun itu terlewat rute transjakarta Dukuh Atas- Pulogadung dan Ragunan- Pulogadung. Halte terdekatnya adalah halte Sunan giri, rabbani rawamangun cuma seberang halte ini. Nah, ada beberapa cara sebenarnya dari bekasi timur seperti naik mayasari yang lewat cawang (Bekasi Timur - Kp Rambutan via Cawang) lalu lanjut naik transjakarta arah Tj.Priok, namun harus transit di Pemuda Pramuka kemudian nyambung lagi ke rute pulo gadung. Liat di peta transjakarta, tempat transitnya adalah dua halte terpisah, nah biasanya kalo dua halte terpisah gini jembatannya panjang gitu, agak melelahkan. Selain itu, kalo pake rute ini berarti harus tiga kali pindah angkutan umum.

Akhirnya saya menemukan rute terbaiknya yaitu dari bekasi timur kami naik mayasari ke arah Senen dan turun di sebelum bawah jembatan Matraman. Jembatan ini kalo dari arah bekasi adanya setelah halte Matraman, sarannya sih jangan turun di halte matraman 1 karena jika turun di situ kita harus naik ke jembatan penyembarangan yang menghubungkan halte matraman 1 dan matraman 2 dan seperti yang saya ungkapkan, jembatan transit ini biasanya panjang. Gambar berikut saya ambil dari google streetview yah sebagai gambaran :


Nah, saat turun di dekat bawah jembatan matraman ini tinggal nyebrang ke arah kanan saja untuk mencapai ke halte matraman 2.

Dari halte matraman 2 ini tunggu di arah yang ke arah pulo gadung. 
Semua transjakarta yang melewati matraman 2 ini dua-duanya ke arah pulogadung sehingga sudah pasti melewati Halte Sunan Giri. Nah, dari matraman 2 ini, ada total 6 halte yang harus dilalui, anacang-ancangnya : Halte Sunan giri ini setelah halte UNJ jadi siap-siap saja klo sudah di halte UNJ. 
Penampakan halte sunan giri, udah keliatan Rabbani Rawamangun di sebelah kii kan yah? :)
Untuk pulang ke bekasi timur, tinggal di balik saja rutenya, karena Pasar Senen- Bekasi timur melewati jalan yang dekat dengan halte matraman 2 ini. 

Semoga membantu dan selamat lirik-lirik kerudungnya hehehe... *saya gak punya afiliasi dengan rabbani yak :)

*rute ini sudah saya coba per 16 Oktober 2016 kemarin yah cuma gak foto-foto jadinya gambar di sini sumbernya dari google street.


Thursday, 6 October 2016

Kekuatan - Kekuatan Super Mamang Supir Angkot

Jika kamu adalah orang yang sering menggunakan angkutan umum khususon angkot alias angkutan kota mungkin sudah tau yah manis pedes pait sepet nya pake moda transportasi umum ini. Nah, selain itu, kamu juga pasti udah familiar dengan kekuatan-kekuatan super yang dimiliki oleh seorang mamang supir angkot, yaitu :

1. Pandangan Screening Super
Kamu gak bakal heran kalo tetiba di depan gang lewat dikit sang mamang angkot berhenti dan memulai atraksi mundurnya. Yup, mamang angkot melihat seorang sedang berjalan keluar gang. Nah, ajibnya lagi , walaupun angkot sedang melaju cepat, mamang angkot ini mampu melihat pergerakan manusia yang keluar gang ini,

2. Blocking Pendengaran Ekstra Hening
Sering ngedehem-dehem atau bahkan ngedumel di angkot saat mamangnya ngetem? Atau kamu ngomel-ngomel saat meminta sang mamang untuk mengurangi laju angkot. Terus kamu menemui bahwa mamang angkot tidak terpengaruh sedikitpun dengan deheman atau dumelan kamu? Yah, selamat. Anda baru saja menemui sesorang dengan pendengaran ekstra hening. wkwkwk. Udah kebal sepertinya telinga sang mamang

3. Ingatan Maksimal
Sang mamang angkot selalu ingat penumpang mana yang naik di mana, hal ini sepertinya salah satu kualifikasi menjadi seorang mamang angkot. Hal ini penting dimiliki secara tariff yang ia tentukan berdasarkan pada jarak tertentu.

4. Ahli Strategi
Pernah naik angkot kalapa-dago terus dekat perempatan BIP? Nah, kamu pasti tahu kalo mamang angkot ini adalah seorang ahli strategi. Mereka tahu kapan harus memperlambat atau mempercepat laju kendaraan mereka agar bisa berenti di perempatan tepat pada saat lampu merah menyala. Tentu saja tujuannya adalah ngetem terselubung hahahah. Secara kan banyak tuh penumpang yang baru keluar dari BIP yang hendak ke dago.

5. Merubah Mood Seketika
Pernah naik angkot yang mamangnya ngamuk karena ongkos yang diberikan sang penumpang kurang 500? Iya, lima ratus rupiah, tapi sang mamang bias ngamuk gak karuan. Mungkin masalahnya bukan di 500 nya tapi seringnya orang memberikan ongkos yang menurut perhitunganan kurang. Nah, kamu akan tiba-tiba dibuat bingung saat ada sekelompok orang naik kemudian saat turun memaksa sang supir angkot untuk menerima ongkos darinya. Lha? kok tiba-tiba mamangnya jadi nolak? apa mamang nya lagi demo tolak ongkos? Bukan.. bukan, mamangnya menolak ongkos dari sekelompok orang itu karena orang yang ia kenal maka biasanya sang mamang akan merasa kagok untuk menerima ongkos darinya. Walaupun yang naik itu sekampung sekalipun maka sepertinya sang mamang akan menggratiskan mereka. Jadi percayalah, kekuatan berubah mood dengan cepat ini bias dimiliki sang mamang hehe


*Tulisan ini gak ada niatan offensive ke mamang angkot, secara saya adalah salah satu pengguna setia transportasi umum (berhubung saya gak bias, atau tepatnya gak berani naik motor sendiri :p ). Jadi selama rute tersebut dilalui angkot maka biasanya saya akan menggunakan angkutan transportasi ini.

Wednesday, 14 September 2016

Dokter Gigi di Pondok Gede, Bekasi

Yeay, akhirnya berkunjung juga ke dokter gigi setelah mengumpulkan keberanian 2 minggu pasca sakit gigi yang menyerang. Iya, di keluarga saya gak ada rutinitas periksa gigi ke dokter setiap 6 bulan sekali jadinya deh kena lubang gigi yang pas sakit, kepalanya nyut-nyutan kagak karuan. 

Jadi sebenarnya udah lama nih si gigi berlubang geraham kanan kirinya dan selalu ngerasa baik-baik aja selama masih bisa dipake ngunyah hingga sakit gigi itu menyerang :p . Biasanya kalo si saya sakit gigi cuma ngandelin obat-obatan tradisional semisal kumur pake garem, pake es batu sebagai pengalihan sakit, pake campuran lada dan garam dan biasanya itu manjur. Nah, lubangnya udah kebuka lebar barulah obat-obatan tradisional udah gak manjur. Udah gak kuat, larilah ke apotek buat nyari obat. Dikasih sama apoteker catafram 50mg. Malem itu manjur tuh cataframnya tapi seminggu kemudia sakit lagi. Akhirnya tanya-tanya temen di kantor tentang dokter gigi di sekitaran Puri Gading, Pondok Gede Bekasi dan mereka merekomendasikan dokter gigi di klinik yang ada di kawasan tempat kerja.

Di klinik ini ada dua dokter gigi yang dibagi dua shift : senin-rabu dan kamis-minggu. Jadwal kedua dokternya sama yaitu bada magrib. Nah, di kunjungan pertama ini saya dijelaskan tentang kondisi gigi yang sebenarnya entah saya pahami atau gak karena sakit gigi kagak karuan. Yang saya ingat adalah sang dokter akan menutup atau mematikan syaraf gigi pada kunjungan pertama tersebut. Gigi saya ditambal semcam obat tambalan warna pink. Sakit? Iya, sakit, sakit pada saat treatment dan setelah treatment. Tapi dokter memasukkan ke dalam resep obat anti nyeri sehingga nyeri nya tidak berlarut-larut. 

Harusnya saya mengunjungi dokter gigi ini seminggu kemudian namun karena harus keluar kota jadilah baru mengunjungi di dua minggu kemudian. Di kunjungan ini dokter gigi menunjukkan sebatang yang Ibu dokter ini sebut sebagai syarat yang mati yang akan dibersihkan. Nah treatment selanjutnya adalah ditambal sementara lagi dengan zat warna pink seperti kunjungan sebelumnya namun sebelum itu saya diberi semacam obat yang saya rasa di mulut itu seperti rasa karat. Nah, di kunjungan kedua ini, saya gak merasa sakit sama sekali cuma selama seminggu ke depan terkadang di mulut terasa seperti karatan gitu.

Minggu selanjutnya saya berkunjung ke dokter gigi ini lagi dan akhirnya saya mendapatkan tambalan permanen. Yeay akhirnya. Pada treatnent ke tiga ini sama seperti treatment ke dua tidak terasa sakit. Alhamdullilah akhirnya ditambal juga ni gigi dan semoga gak kambuh lagi sakitnya. Untuk suatu kenikmatan memang terkadang perlu pengorbanan, dalam hal ini pengorbanan materi hahaha. Biaya perawatan ke dokter gigi ini ternyata lumayan mahal juga yah buat ukuran saya yang jarang berkunjung ke dokter hehe. ALhamdulliah dapat direimburse di kantor sebagai medical expenses sebesar 80%nya. Yah, walaupun kadang suka kepikiran kalo gak sakit gigi nih sebenenarnya uang segitu (kalo bisa direimburse juga) enak tuh kalo buat perawatan ke salon atau jalan-jalan dan shopping. hahahaha.

Saturday, 10 September 2016

Soulmates

Aheuyy eta judul :p hahaha padahal sebenarnya cuma pengen cerita tentang drama korea yang abis ditonton. Iya, akhir-akhir ini saya lagi ranjing lagi nonton drama-drama korea. Hiksss. Nah, drama korea yang abis saya tonton ini judulnya Lucky Romance. Alasan awal nonton judul ini adalah karena aktor utamana Aa Ryu (wkwkwkw) . Aa Ryu, maksudna Ryu Jeong Yeol, itu adalah aktor yang meranin Jung Hwan di Reply 1988 dan sejak itu saya jatuh cinta ma dia haha. Jatuh cinta di sini maksudnya saya jadi terus-terusan nyari film atau drama yang ada Aa Ryu.

Nah, terkait Lucky romace, pas udah beberapa episode, saya ngerasa ceritanya ampir mirip dengan Japan Drama yang judulnya Rich Man Poor Woman. Kedua drama ini punya inti cerita yang sama yaitu tentang CEO sebuah perusahaan IT yang jatuh cinta ke salah satu stafnya, bedanya kalo di Lucky Romance itu staffnya sama-sama punya keahlian di bidang yang sama atau saya lebih suka menyebutnya sebagai "frekuensi" yang sama. Mereka nyambung ketika ngobrolin koding, bug, dan istilah-istilah IT lannya. Sedangkan di Rich Man Poor Woman , sang staf yang dijatuhcintai oleh sang CEO tidak di frekuensi yang sama.



Setelah nonton kedua drama itu saya berkesimpulan tentang soulmate :
1. Jika soulmate saya nantinya ada di frekuensi yang sama dengan saya maka saya akan lebih mudah untuk berbagi keluh, meminta bimbingan dan saran. Kami dapat melakukan beberapa hal yang sama secara bersama-sama. Menyelesaikan soal matematika untuk refreshing misalna wkwkwkw, ga deng.

2. Jika ternyata soulmate saya memiliki frekuensi yang berbeda maka soulmate saya dapat memberikan pandangan tentang frekuensi lainnya sehingga pandangan saya terhadap dunia akan semakin luas. Masing-masing dari kita dapat memberikan saran dari sudut pandang yang berbeda. 

Jadi intinya, asalkan setiap orang mampu melihat sisi baik dari soulmatenya maka segalanya akan baik-baik saja. Yang penting adalah komunikasi. #tsahhhh, ngomong naon sih sus hahaha..


Wednesday, 24 August 2016

Bawen, Semarang

Pertama kali ke Bawen tanggal 15 Juli 2016 untuk keperluan menghadiri pernikahan salah satu teman kantor. Balik ke Jakarta tgl 16 Juli 2016 selepas acara resepsi teman saya itu. Sepertinya itu adalah salah satu puncak arus balik di jalan pantura sehingga kami menempuh Semarang- Jakarta selama 12 jam. Iya, kami melakukan perjalanan darat.
3 hari kemudian saya kembali mengunjungi Bawen, Semarang. Kali ini tujuannya kerja. Tapi moda transportasinya sama : darat karena kami harus sekaligus membawa alat yang harus kami install. Seperti yang diketahui, saya ini 7 turunan orang Garut artinya saya tidak pernah melakukan perjalanan jauh menggunakan transportasi darat. Maka perjalanan ke Bawen, Semarang ini merupakan perjalanan jauh pertama saya menggunakan mode transportasi darat dan sekalinya saya menggunakannya saya bolak-balik dalam jarak waktu berselang sebentar.

Hmm, dan kamu tahu,  dua minggu kemudiannya nya saya harus install alat lagi ke Solo dan lagi-lagi harus menggunakan moda transportasi darat dari Jakarta. Wew, tengah taun berkali-kali ke Jawa itu rasanya : capekkk hahaha

Tuesday, 31 May 2016

Screammmmmmm

I love to scream. If i have a chance to scream, i will do it. Scream, for me, can release stress and make happy.

Monday, 23 May 2016

Hate Youself

have you ever hate yourself? Yes, hate yourself. I thought it will be easier to hate someone else. You just ignore them, but how you can deal if the one you hate is yourself?

Monday, 9 May 2016

Reply 1988

Ada banyak pelajaran yg bisa kita ambil, bahkan dari sekadar nonton drama korea gratisan :p. Kemarin saya baru menyelesaikan menonton 20 episode drama korea yg masing-masing episodenya berdurasi 2 jam. Bosen? Bukan, malah puass banget hehe..

Nah, stlh nonton ini ada bbrpa hal yang saya ambil.
1. You can start liking someone who love you

Iya, cinta bisa tumbuh kapan aja dan di mana aja serta kepada siapa saja. Dia bisa dtg saat kamu mengetahui ada seseorang yang menyatakan menyukai dan mencintaimu bahkan setelah tahu semua sisi burukmu. Dia tetap mengatakan menyukaimu dan kamu pun dapat memulai untuk menyukainya.

2. Its ok to confess to someone, even when you get no respon
Ada kalanya tujuan confess itu bukan ingin direspon balik tapi lebih ke arah ingin ngeluarin semua unek-unek, bebasin beban agar suatu hari nanti kita gak menyesal tidak melakukannya. Ucapin aja, jika kamu gak dapat respon kamu sudah tau jawabannya dan dapat mundur teratur dengan rela.

3. Temenan cewek cowok itu emang rentan dengan namanya suka tapi saat teman lawan jenismu memberikan perhatian lebih kamu jadi bingung sendiri apakah ini yg biasa dan wajar dilakukan oleh seorang teman atau cuma friendzone doang. Kamu juga kadamg pernah ngerasa flutter tapi kemudian kamu ngeyakinin kalo di antara kalian gak ada apa-apa, cuma temenan. Sampai akhirnya kamu cuma mikir apakah teman lawan jenismu berfikiran sama atau gak.

Ah, masih pengen liat Jung Hwan. Pengen puk puk in dia . wkwkke

Monday, 28 March 2016

Kolam Renang Wihoga, Talagasari, Garut


 Udah lama banget gak renang, maka pas pulang ke Garut kemarin memutuskan untuk renang. Niat awalnya mah pengen ke Cipanas biar mantap, tapi apa daya macetnya bikin mager. Akhirnya nyobainlah kolam renang yang secara jarak dari rumah lebih deket dibanding Cipanas : Kolam Renang Wihoga. 

Ini adalah kunjungan pertama saya ke kolam renang ini. Kolam renang ini ada mungkin 2 tahunan dibangun. Selain kolam renang, di kawasan Wihoga ini juga tersedia mesjid, lapangan futsal dan tempat makan* (kalo tidak salah liat). Cocok buat melipir istirahat apalagi kalo macetnya naudzhubillah kayak kemaren. 

Nah, kolam renang wihoga ini punya dua kolam, airnya dingin gak kyak cipanas yang anget. Tersedia juga perosotan dan ember tumpah. Biaya masuk ke sini juga terhitung murah yaitu hanya 12 ribu rupiah (ini kunjungan per 26 Maret 2016 yah). 



Salah satu view yang bisa dilihat saat berenang di kolam renang wihoga ini adalah gunung Haruman.

 Mangga nu bade nyobian kolam renang wihogana hehe. Yah, walaupun perosotana peureud, moga-moga yang punya baca tulisan ini dan benerin perosotannya jadi pas ke sana lagi udah enakeun hehe.


Tuesday, 1 March 2016

Babakan Sapotong


Babakan Sapotong merupakan nama sebuah kampung di desa Negelasari kec. Kadungora, Garut. Terdapat beberapa versi tentang asal usul nama kampung ini. Versi pertama mengatakan bahwa dahulu ada sebuah kolam kemudian karena sesuatu hal jolam tersebut harus dibagi dua sehingga menjadi sapotong (sepotong-red) sampai saat ini. Versi lain mengaitkan dengan legenda maung. Maung atau singa (?) dalam bahasa Indonesia itu miencari mangsa dari satu kampung ke kampung lainnya. Ada beberapa nama kampung yang terkait dengan legenda ini seperti Singkur, Sindang Palay dan Babakan Sapotong. Diceritakan bahwa maung tersebut tertangkap dan dipotong-potong oleh warga di kampung yang saat ini dikenal dengan nama Babakan Sapotong. Haha.. Entah, saya juga kurang percaya dengan cerita di atas.

Apapun latar belakang penamaan kampung tersbut, teman-teman sekolah saya biasanya mengingat nama kampung saya ini. Yah, walaupun dulu cendrung dengan nada becanda bully hahaha. Saat ini jika saya bertemu dengan teman-teman maka teman tersebut menanyakan apakah kampung saya saat ini sudah menjadi Babakan Satu atau masih Babakan Sapotong :p . Yah, masih Babakan Sapotong, mau digimanain lagi haha.

Eh, katanya, di dekat Rancasalak sana juga ada nama Kampung yang namanya Babakan Sapotong. Jangan-jangan itu adalah potongan satu lagi dari kampung saya haha. Nah, kalo didekatkan berarti jadi Babakan Satu dong :p .

Yah, Babakan Sapotong ini masih hijau saat ini. Sekelilingnya masih banyak gunung seperti Gunung Haruman, Gunung Kaledong, dan Gunung lainnya. Saat masih kecil, dulu di Gunung Haruman ini ada kegiatan Paralayang. Sempat juga kami "menonton" peparalayang yang jatuh di sawah kering di Sarpanjang. Tapi saat ini kegiatan Paralayang di Gunung Haruman ini sudah lama tidak ada. 

Di Babakan Sapotong ini kamu dapat mengamati Kereta api yang lewat jalur selatan hilir mudik. Jadi kalo kamu berangkat dari arah Bandung misalnya maka akan melewati kampung Babakan Sapotong ini setelah stasiun Leles, sebaiknya jika kamu dari arah Tasikmalaya maka akan melewati Kampung Babakan sapotong ini setelah Stasiun Kiarasari.

*Tulisan ini dimaksudkan agar orang-orang yang mencari "Babakan Sapotong" tidak hanya menemukan tentang kecelakaan Bis Karunia Bakti dimana warga Babakan Sapotong adalah salah satu kernetnya. Biar semua orang tahu kalo Babakan Sapotong itu sudah bisa digoogle lho hahaha *norak mode : On. 

Thursday, 11 February 2016

The Golden Rice

Jadi ceritanya saya ambil mata kuliah seminar untuk semester ini, nah aturan kelas seminar saat ini adalah selain kehadiran 80% saat kelas seminar diadakan juga minimal 6 kali kehadiran di seminar yang diadakan jurusan setiap rabunya. Alhamdulliah nya jadwal seminar dan kelas seminar ini memang dalam satu, atau sebenarnya itu dibuat seperti itu oleh pembuat jadwal. 

Untuk seminar pertama di semester ini temanya tentang bioteknologi, judul tepatnya : The Effect of Biotechnology to Our Society. Pembicaranya Ms. Solmaz Aslanzadeh, Ph.D , seorang doktor bioteknologi, keturunan Iran, berkewarganegaraan Swedia yang sudah satu setengah tahun ini tinggal di Indonesia dalam rangka urusan pekerjaan. Hehe, lengkap tah datana :P. Ms. Solmaz bercerita tentang kota tempat tinggalnya di Swedia, namanya Boraz. Ditulis boraz tapi bacanya boros, begitu katanya. Walaupun kota kecil tapi kota ini boleh dikatakan adalah kota yang bebas sampah. Setiap rumah tangga wajib memilah sampai menjadi berbagai jenis sampah untuk diproses selanjutnya. Ada yang direcycle, ada yang jadi bahan bakar, ada juga yang dibakar sebagai sumber panas di musim dingin. Pokoknya keren sudah proses pengolahan sampah di sana, dibanding di sini. Everywhere is trash can :p

Nah, mari beranjak ke cerita tentang bioteknologinya. Seperti kita tahu bahwa bioteknologi adalah teknologi yang melibatkan makhluk hidup baik itu mikroorganisme, tanaman, jamur atau yang lainnya. Bioteknologi sebenarnya sudah dikenal sejak dulu yaitu yang kita kenal saat ini sebagai bioteknologi konvensional seperti pembuatan yogurt, keju, oncom, dsb. Kalo sekarang ini, bioteknologinya udah gerak ke bioteknologi modern, mainannya udah rekayasa-rekayasa genetika. Itulah memag lebih arah ke arah sana bioteknologi saat ini, walaupun ada beberapa hal yang masih tersangkut masalah etik baik itu etik sosial maupun etik agama. 

Nah, salah satu bioteknologi yang menarik bagi saya (karena saya baru tahu info ini, *iya saya yang kuuleun :p ) yaitu tentang Golden Rice. 


Golden Rice ini adalah beras hasil rekayasa bioteknologi yaitu beras yang mengandung beta-karoten. Beta-karoten ini yang menyebabkan beras ini berwarna kuning keemasan, nah saat kita makan beta karoten ini akan diubah menjadi vitamin A. Tujuan dari rekayasa beras ini adalah untuk menanggulangi kekurangan vitamin A bagi penduduk-penduduk yang mayoritas makanan pokoknya adalah nasi. Jadi saat makan , walaupun cuma nasi ma kerupuk, tapi mereka sudah langsung mendapat asupan vitamin A. Kata Solmez, beras ini sudah dikembangkan di Philipina walaupun pas saya googling ternyata sudah ada juga yang buatan China. 

Pas googling-googling lagi, katanya gak semua orang suka dengan rekayasa beras ini. Banyak juga yang nolak, alasannya karena mereka khawatir ada efek samping ke depannya nanti atau efek rekayasa ini juga akan mempengaruhi padi-padi alami yang ditanam di sekitaran padi golden rice ini. Yah, namanya juga manusia, gak semua niat baik bisa ditanggapi dengan baik. Kalo saya pas liat golden rice ini langsung mikirnya nasi kuning, jadi kalo selametan gitu ga usah lagi pakai kunyit lagi, udah pake golden rice ini aja. Kan ada tuh beberapa orang yang gak suka makan nasi kuning karena masih kecium bau kunyitnya haha (padahal kalo masaknya bener mah ga bakal kerasa bau kunyit lagi, kata kakak saya antisipasi bau kunyit ini adalah sebelum ditumbuk, kunyit digoreng atau disanggrai dulu, pasti gak bau haha). 

Oh ya, sebenarnya golden rice ini bisa juga ngakalin bagi orang-orang yang pengen matanya sehat tapi gak suka makan wortel. Tapi sabaraha yah harga sakilona ieu beas? :)




Thursday, 4 February 2016

Dye-Sensitized Solar Cell


Dewasa ini penggunaan energi semakin hari semakin meningkat. Sebagian besar kebutuhan energi ini dipenuhi dengan menggunakan energi berbasis bahan bakar seperti minyak dan batu bara. Minyak dan batu bara termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui yang lama kelamaan akan habis jika dipergunakan secara terus menerus. Selain itu, penggunaan bahan bakar sebagai sumber energi pun menghasilkan polusi yang dapat menurunkan kualitas kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, saat ini manusia mulai mencari sumber energi yang masih melimpah juga ramah lingkungan. Salah satu alternative sumber energi yang memenuhi dua kriteria tersebut adalah energi matahari.
Energi matahari memiliki karakteristik unggul untuk dipilih sebagai sumber energi alternative di antaranya tersedia melimpah dan gratis, ramah lingkungan, serta aman. Untuk memanfaatkan energi matahari ini, para ilmuwan memanfaatkan efek foto listrik yaitu proses pengubahan energi matahari menjadi energi listrik. Untuk melakukan proses pengubahan ini digunakan peralatan sel surya. Berbagai peralatan sel surya telah berhasil dikembangkan seperti sel surya berbasis material Kristal tungga Silikon yang telah ditemukan 50 tahun lalu dan share market mencapai 94%. Secara teori, Kristal tunggal silicon ini dapat mencapai efisiensi sebesar 92% dan secara pemasangan sebesar 20% dengan memanfaatkan prinsip p-n junction. 

Namun, untuk membuat kristal tunggal silicon ini memerlukan biaya produksinya yang mahal sehingga ilmuwan mencari alternatif lain untuk menurunkan biaya produksi. Salah satu caranya adalah membuat lapisan tipis silicon amorf.  Material ini memiliki tingkat energi defect yang dapat dikendalikan dengan hydrogenation serta energi band gap dapat diturunkan untuk  meningkatkan efisiensi penyerapan energi matahari. Tetapi, kekurangan material ini adalah   ketidakstabilannya yang menyebabkan efisiensi hilang 50% dalam 100 jam pertama operasinya.

Para ilmuwan tetap mencari alternative material untuk mendapatkan efisiensi tinggi, stabil serta biaya produksi murah. Salah satu alternative adalah dengan belajar dari alam melalui proses fotosintesis yang dilakukan oleh tumbuhan sehingga muncul ide untuk membuat dye sensitisized solar cell (DSSC). Material DSSC menggunakan dye (pewarna) yang menempel (sensitized) pada permukaan lapisan tipis oksida untuk mengoptimalkam pengabsorptian cahaya matahari.
Berikut  adalah skema susunan material pada DSSC :
Saat terdapat cahaya matahari, foton ditangkap oleh lapisan tunggal dye sehingga  menghasilkan eksiton yang secara cepat bergerak  ke permukaan film oksida (pada gambar menggunakan lapisan tipis oksida seng) kemudian dilanjutkan ke glass pengumpul dan dialirkan ke benda untuk dimanfaatkan listriknya. Setelah itu, elektron akan kembali bergerak ke glass pada permukaan bawah dan dialirkan ke elektrolit untuk disampaikan kembali ke dye yang kehilangan elektron karena tereksitasi cahaya matahari.


Saat ini, lapisan tipis yang berhasil disintesis untuk memenuhi kriteria di atas adalah Kristal nano TiO2 yang dikombinasikan dengan dye Rutherium- poly(pyridine) complex yang menyerap sampai energi near-infrared sehingga mencapai efisiensi sebesar 10.4% . Kristal nano TiO2 memiliki karakteristik luas permukaan yang luas sehingga mengoptimalkan penempelan dye pada permukaan untuk menyerap cahaya matahari. Kelemahan material ini adalah recombination rate (tidak berhasilnya elektron mencapai glass kolektor karena kehilangan energi) yang tinggi sehingga terjadi energi loss. Recombination rate ini dicuragai sebagai akibat dari kecilnya wilayah depletion layer pada nanokristalin TiO2. 

Para ilmuwan sampai saat ini masih berlomba untuk mendapatkan efisiensi optimal dari dye-sensitized solar cell ini dengan berbagai variasi material semikonduktor dan dye serta yang lainnya

Wednesday, 27 January 2016

How Aurora Formed (Animation)

Pernah denger tentang Aurora? Aurora kalo kata Bang Wikie adalah fenomena alam yang menyerupai pancara cahaya yang menyala-nyala dari sebuah planet sebagai adanya interaksi antara medan magnet yang dimililki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan matahari. Tampilan aurora itu kayak gini: 

Nah, hari ini saya nemu di 9gag seseorang mengupload sebuah video tentang animasi bagaimana aurora itu terbentuk. Ini dia nih animasinya. 

video
Terus pas baca-baca komennya ada yang nambah penjelasan gitu. Seperti Hermes_conrad menulis : kalo video itu ditulis dalam kata-kata maka aurora borealis itu terbentuk ketika partikel bermuatan diemisikan dari matahari saat solar flare (api matahari) penetrasi ke tameng magnetik bumi dan bertubrukan dengan atom dan molekul di atmosfer. Tubrukan ini akan menghasilkan jutaan kilatan cahaya kecil yang disebut foton dan membentuk aurora.

Terus akun mathieuN menulis bahwa sebenarnya animasi di atas kurang akurat untuk menjelaskan tentang bagaimana aurora terbentuk. Pada dasarnya garis medan elektromagnetik (yang berwarna biru) itu tidak pernah putus atau hancur. Partikel diemisikan oleh angin matahari (garis kuning) diarahkan oleh gelombang elektromagnetik ke kutub dan di kutub terjadi tubrukan dengan atmosfer. Partikel bermuatan (dari matahari) mengeksitasi partikel di atmosfer dan ketika partikel atmosfer kembali ke state awal maka dia akan merelease energy dalam bentuk cahaya. Animasi yang keren btw, tambahnya

Yeay, akhirnya ada guna juga mantengin 9gag haha. Ini berarti kalo ngacu ke pernyataan mathieuN, proses terjadinya aurora ini mirip kayak terjadinya XRF cuma beda sumber. kalo XRF sumbernya itu adalah XRay tube dan ngehasilin sinar X, kalo aurora ini sumbernya matahari dan ngehasilin partikel bermuatan. Prosesnya  hampir sama yaitu mengeksitasi partikel target dan ngehasilin release energy dalam bentuk cahaya. kalo XRF sayangnya energy release gak bisa dilihat mata kalo aurora keliatan dan kren bet :D 

Tuesday, 26 January 2016

Be like Bill

Demam "be like Bill" merajalela di Facebook, banyak teman menggunakan "Bill" generator untuk membuatnya. Semua orang tau kalo Bill generator ini random dalam membuat kalimat dan tanpa menggunakan analisa apa-apa tapi tetap saja menggunakannya buat sekadar have fun haha. Nah, akhirnya saya juga nyoba dan first attempt saya mendapat ini :p . *Berhubung saya ga suka nampilin hasil quiz begini di FB jadinya we saya pejengin di dieu :D


Jadi, Bill generator ini sebenarnya bukan peramal sifat tapi lebih ke arah tukang nyindir wkwkwkwk. #upss :p . Ah, Bill kamu mah aya-aya wae 

Friday, 22 January 2016

Sawatdee Ka, Thailand :)

Yeay, Hello Thailand :) . Alhamdullillah tahun 2015 saya berkesempatan untuk melihat negara lain lagi. Thailand, negara yang tulisannya bikin mata keriting haha. Saya mengunjungi negara ini dalam rangka mengikuti science camp di Nackon Ratchasima dan berlibur di kota Bangkok. Untuk kegiatan di Nachon Ratchasima, mungkin sebagian telah saya ceritakan di posting sebelumnya. Kali ini, saya ingin berbagi cerita tentang kegiatan yang kami lakukan selama di kota Bangkok.

Apa kesan tentang kota Bangkok? Panas haha. Bahkan ada lelucon bahwa di Bangkok itu terdapat tiga musim yaitu Musim Panas, Panas Banget dan Panas sekali haha. Seorang pernah bercerita bahwa suatu waktu dia pergi ke Eropa untuk mengikuti Summer School tapi ternyata panasnya Eropa sana belum seberapa dengan musim dingin nya Bangkok haha. Iya, Bangkok emang panas pisan, kami keluar hotel jam 9 cuma jalan sebentar buat ke stasiun BTS tapi keringat udah bercucuran.

Kami hanya punya waktu satu hari untuk berkeliling kota Bangkok maka kami harus seefektif mungkin buat ngatur jadwal. Angkutan transportasi termudah untuk mengunjungi berbagai tempat adalah dengan menggunakan BTS atau MRT, walaupun BTS atau MRT lebih mahal jika dibandingkan dengan Bus tapi kedua jenis transportasi itu telah memiliki peta yang mudah untuk kami ikuti. Berikut rute perjalanan seharian kami di Bangkok .

1. Pasar Chatuchak
Kalo di Bandung (dulu) kita punya Gasibu, nah di Bangkok ini ada Pasar Chatuchak. Pasar ini hanya buka di weekend saja. Bedanya dengan Gasibu, pasar chatuchak ini telah memiliki kios-kios tetap begitu dan telah dikelompokkan untuk berbagai jenis barang : misal area barang pecah belah, pakaian, makanan, bunga, sesembahan, dll. Terkait harga, entah kita yang tidak bisa nawar atau harga di pasar ini lebih mahal tapi setelah kami berkeliling ke beberapa toko, harganya memang sudah kompak. Jadi boleh disimpulkan sebenarnya harga di pasar chatuchak ini lebih mahal jika dibandingan dengan china town atau Bugis streetnya Singapura. Atau mungkin karena produk di chatuchak ini adalah produk dalam negeri thailand sedangkan yang di singapura itu made in China sehingga harga di pasar chatuchak saya rasa lebih mahal. Tapi, walaupun terasa lebih mahal. tetep we kalo udah jalan-jalan gini ga enak rasanya kalo ga beli oleh-oleh. Haha. Ini beberapa foto saat kita berada di chatuchak.



2. Terminal 21
Berhubung sebagian besar uang kita udah dihabisin di pasar chatuchak, jadi kita harus benar-benar mengunjungi tempat yang bagus buat foto-foto aja dan inilah kita di Terminal 21 mall . Keliling dunia dalam sehari ceunah haha..








3. Chao Prhaya River









4. Asiatique Mall