sunset

sunset

Monday, 24 December 2012

Kuring

Akhir penghujung tahun 2012. Sedikit ingin mengupload beberapa foto :D
saya saat tepat 23 tahun
Foto yang diambil sepulang nganterin teman SD-SMP-SMA saya menikah, Heri Junjunan. Pernikahan yang diadakan tepat saat saya berusia 23 tahun. Saya berangkat bersama teman-teman SMA, yang menyengaja pulang ke Garut untuk mengantarkan heri ke Bandung. Pengalaman baru dan seru karena rute yang dilalui sangat "menakjubkan" dan ini adalah kali pertama kami mengikuti seserahan. Biasanya hanya hadir di resepsi saja.

Namun, saya tidak merasa bahwa hari itu saya berusia 23 tahun. Mengapa? Sepertinya, karena saya lahir di akhir tahun maka saat tahun berganti maka usia saya seolah bertambah. Haah, Efek dibecadain teman sepertinya. Iya, saya lahir di tahun 1989. Hei, perbedaan saya dengan teman-teman yang lahir di Januari atau Februari 1990 itu hanya satu dua bulan. Ah, ya sudah, saya tahu mereka cuma becanda yang kadang sedikit masuk ke hati #halah :p

Saat saya menjabat sebagai Badan Pengurus HMFT, artinya saat saya berada tingkat tiga-tingkat empat masa kuliah di ITB. Satu tahun diberi amanah untuk menjadi kadiv wirausaha di HMFT. Bulan-bulan terakhir menjabat sebagai BP, saya juga mulai mengerjakan Tugas Akhir saya. Sibuk itu menyenangkan sebenarnya :D.

INKM 2008, awal masuk kuliah


INKM, Ospek (tahap satu) bagi mahasiswa-mahasiswi ITB. Kelompok 79. Saat itu, saya belum merasakan bagaimana rasanya belajar di  bangku kuliah karena memang acaranya masih dilakasanakan di Sabuga dan di luar lingkungan kampus. Mendapatkan teman dari berbagai daerah dan dari fakultas yang beragam. 
perpisahan SMP
Perpisahan SMP, seragam saya masih bersih. Walaupun saya senang saya telah lulus SMP namun saya tidak berniat untuk mencoret-coret seragam saya. Teman-teman SMP dari kelas berbeda, dari  3A sampai 3F ikut nimbrung di foto ini :) . Beberapa di antara teman ini masih aktif menanyakan kabar via sms atau FB, namun beberapa di antaranya, saya tidak tahu.
Masuk sekolah agama
Foto saat akan didaftarkan mengikuti sekolah agama ( sekolah belajar agama gitu yang diadakan oleh ustadz di kampung saya).Jika tidak salah, ini adalah saya saat duduk di bangku kelas 2 SD. Mata Anda memang tidak salah, fotonya agak miring memang :p

#ditulis saat kepagian masuk kantor di harpitnas.


Thursday, 22 November 2012

Coming Soon


"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah", Minke – Rumah Kaca, 352

Quote tersebut saya copas dari blog istri salah satu Kakak etoser Bandung. Lho kok Bisa? Tenang saya ga-stalking beliau kok, cuma blog tersebut nampil di newsfeed Facebook dan kaka etoser tersebut memberikan link salah satu cerita yang menarik untuk dibaca dari blog istrinya. Maka saya pun meng-klik blog tersebut, membaca ceritanya dan menemukan kutipan kata tersebut dari tampilan blog beliau.

Sebenarnya saya tidak tahu siapa “Minke” dan apa wujud “Rumah Kaca” itu. Film kah, novel kah, puisi kah? Entahlah, yang jelas saya suka kutipannya. Setelah digoogling barulah tahu. Mamang Google emang keren hehe..

Nah, dari isi kutipan itu, saya jadi pengen nulis-nulis yang agak serius gitu di blog ini, semisal apa yang saya pelajari saat saya kerja. Saya mempelajari tentang alat-alat karakterisasi material di antaranya XRF, Ultrasonik, Radiografi. Tinggal nunggu momen ajalah untuk nulis ini :D . Semoga saya cepet paham tentang alat-alat ini dan bisa berbagi di blog ini :D




Wednesday, 10 October 2012

English in Garut Style

Alhamdulilah, Tak disangka dan ta dinyana (bahasa naon ieu :p), awal oktober ini saya mendapat dua kabar bahagia dalam jangka waktu yang berdekatan dan keduanya berkaitan dengan bahasa Internasional, English.

1. Saya mendapat kesempatan untuk mengunjungi Kuala Lumpur, Malaysia dalam rangka trainning dari perusahaan tempat saya bekerja. 
Trainning tentang penggunaan alat  yang diselenggarakan 9 sampai dengan 11 Oktober mendatang. Trainnernya langsung dari Amerika sana dan trainee nya berasal dari negara-negara Asia (saya baru berkenalan dengan trainee dari China dan Myanmar). Trainee tuan rumah, Malaysia juga hadir namun mereka bukan orang Melayu melainkan orang keturunan China. Untuk berkomunikasi, tentu saja harus menggunakan bahasa internasional, English. 

Aih, serius saya modal beruntung bisa mengikuti trainning ini. Bayangkan saja, dengan kemampuan b.Inggris yang pas-pas an saya dikirim untuk mengikuti trainning ini. Yah, kalo dengerin doang mah bisa lah yah (beruntung pelafalan b.inggris trainnernya jelas banget, ga kumur-kumur :) ), tapi sekalinya ingin nanya , hadeuh, bikin bingung yang ditanya dan dikirannya bahasa Inggris mereka yang belum fasih padahal mah saya nya :p .

2. Paper TA saya tembus conferensi Internasional
Kalo ini akan diselenggarakan 9-10 November 2012. Walaupun judulnya internasional, acaranya diselenggarakan di Serpong. Indonesia jadi tuan rumah. Nah, lagi-lagi Inggris saya bakal diuji. Yah, paper saya bakal di presentasiin. Nah lho. Widih, nulis paper kemaren aja ngandelin Mbah Google sebelum akhirnya dikoreksi temen lab yang Inggrisnya mantep. 

Kalo saya mikir sih, sebenarnya bahaa inggris saya ga parah-parah banget, cuma karena kurang pede jadina agak bergumam. Ok mari bertekad jadi PD dengan tetap belajar lebih keras lagi. Bukankah Mr. Evandeva pernah bilang kalo setiap orang itu unik, termasuk saya :) , jadi Mari berPD ria dengan English in Garut  Style :)

Friday, 5 October 2012

Tugas Akhir Tahap 2

Per 1 Oktober 2012 resmi sudah saya bekerja. Yah, bekerja. Ada banyak faktor yang meminta saya menjalani hal ini. Namun, jujur, mimpi menjadi social entrepreneur itu masih bulat saya pegang dan ingin saya realisasikan.

Satu bulan pasca Wisuda dalam status yang ga jelas membuat saya terkadang jadi GJ.  Bagaimana tidak, jika tiba-tiba saya mengirim sms seorang teman dan menanyakan definisi pengangguran. Yah, penggangguran. Mengapa saya bertanya demikian? karena saya ingin mendapat jawaban "apakah saya pengangguran?". Otak saya mengatakan bahwa jika definisi pengangguran itu adalah orang yang tidak berpenghasilan maka saya tidak termasuk ke dalam golongan ini. Pascawisuda saya berkegiatan yang berpenghasilan dan saya mampu memenuhi kebutuhan saya bahwa bisa sedikit ngirim buat orang tua. Namun entah mengapa saya tetap menanyakan hal ini. Akhirnya dengan sedikit ragu akan pertanyaan saya, teman saya menjawab bahwa pengangguran adalah seseorang yang tidak melakukan kegiatan untuk menghasilkan karya atau tidak mengaplikasikan ilmu yang dimilikinya. Hmm,, Ok. Mungkin jawaban ini bisa menghibur saya bahwa saya bukan seorang pengangguran.

Selama satu bulan, saya pun gamang antara memutuskan untuk berwirausaha atau kerja. Serius, banyak sekali faktor yang mempengaruhi kedua hal ini. Ketika teman-teman menanyakan keberadaan dan aktivitas saya maka saya menjawab bahwa saya masih mencari (mencari keputusan). Saya merencanakan beberapa kegiatan usaha yang dapat saya terapkan dan dalam jangka waktu yang sama saya pun mencari kerja. 

Maka tepat di akhir September saya memutuskan untuk menginvestasikan keuangan saya pada usaha yang akan dijalankan oleh Ua. Dan Entah bagaimana, selepas saya menelpon orang tua saya, datanglah sms dari salah satu perusahaan yang saya apply bahwa saya diterima sebagai karyawan di perusahaan tersebut. Akhirnya, saat ini saya menjalani dua hal tersebut. Melakukan investasi (sangat) kecil di usaha Ua dan berstatus sebagai karyawan di perusahaan supplier alat-alat analitik labolatorium. Alhamdulilah, perusahaan ini bergerak di bidang yang saya sukai dan ada hubungannya dengan kuliah.

Saya bekerja di bagian Product Support yang tugasnya membaca berbagai literatur tentang alat-alat analitik labolatorium. Yah, tugas saya belajar. Belajar mengerjakan Tugas Akhir Tahap 2. Tugas Akhir tahap 1 saya kerjakan di kampus, membuat material nanomagnetik untuk aplikasi kanker tulang dan di sini saya mengerjakan Tugas Akhir Tahap 2 untuk mengetahui dan memahami karakteristik, cara kerja dan aplikasi dari alat-alat karakterisasi material. 

#Ditulis di jeda waktu istirahat kerja :)

Sunday, 9 September 2012

Setu Babakan yang (Tidak) Gratis



Setu Babakan merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Jakarta. Kebudayaan Betawi dan keindahan pemandangan setu atau danau merupakan daya tarik utama dari tempat ini. Namun, hati-hati jika Anda berkunjung ke sini, apalagi jika Anda bukan orang Betawi asli, bahaya karena berwisata di sini bisa menguras kantong Anda. Lho bukannya masuk Setu Babakan itu gratis ? Memang, tapi Anda tidak akan tahan untuk tidak melakukan wisata kuliner di sini hehe..

Di Setu Babakan ini banyak sekali dijajakan makanan khas Betawi, di antaranya :
1. Buah Kecapi
Sekilas, Buah Kecapi ini mrip dengan bola tenis karena bentuknya yang bulat dan warna kuningnya serta ukurannya yang menyerupai bola tenis. 

Buah ini berwarna hijau saat masih muda dan menjadi kuning saat telah matang. Rasa buahnya ada yang asam dan ada yang manis, Namun, rata-rata manis jika memang sudah benar-benar matang. Biji buahnya lumayan besar, namun karena daging buahnya menempel dengan erat di bijinya, tak jarang banyak orang yang juga memakan dengan cara menelan juga bijinya. #ini yang saya lakukan pas dulu kecil, tapi sekarang mah karena takut bantu ginjal jadinya ga lagi :p. 

Yah, ini bukan kali pertama saya memakan buah kecapi ini, karena waktu kecil saya juga tinggal di sekitar warga Betawi di daerah Kalimalang, Bekasi Timur. Namun, entah karena saya selalu tidak sabar untuk memakan kecapi muda atau karena pohon yang ada menghasilkan jenis kecapi tertentu sehingga saya jarang menemukan kecapi yang rasanya manis. Nah, baru di Setu Babakan inilah saya mendapatkan buah kecapi yang sangat manis dan daging buah yang pulen ini #halah :)

2. Kerak telor
Memang sih saat ini banyak dijumpai kerak telor di daerah-daerah lain selain Betawi, Bandung misalnya. Di gerbang depan maupun belakang kampus saya di Bandung, ada penjual kerak telor. Entah mamang itu benar-benar orang Betawi yang mengekspansi penjualan ke Kota lain atau orang non-Betawi yang berupaya mencari peruntugan dengan menjual kerak telor di Bandung.

Saya pernah membeli kerak telor waktu di Bandung sana namun karena penasaran untuk mencicipi memakan kerak telor asli di daerah Betawi maka akhirnya saya pun memesan satu buah kerak telor dengan telor bebek bahkan agar rasanya mantep :) .


Informasi dari Bapak penjual kerak telor ini bahwa ternyata kerak telor dan gerobaknya sudah sering muncul di TV, terhitung 4 stasiun TV bapak ini sebutkan. Hmm, tapi ga tau juga, toh kalopun saya sedang menyaksikan liputan tentang setu babakan ini yang saya fokusi adalah kerak telornya bukan penjualnya, kecuali kalo yang bikin kerak telor ini masterchef Juna :p

#Nama Bapak Penjualnya Pak Sukri, jadi lain kali kalo nonton liputan tentang penjual kerak telor di setu Babakan bisa cek namanya Bapak ini atau bukan, halah penting bet :p . Padadal penjual kerak telor di sini sangat bejibun

3. Bir Pletok
Bir yang satu ini tidak mengandung alkohol sama sekali namun memiliki fungsi yang sama yaitu menghangatkan badan. Kenapa? karena bir yang satu ini terbuat dari jahe. Rasanya hampir sama saja dengan wedang jahe. 

Bir ini tidak menggunakan bahan pengawet buatan apapun namun bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama, bekisar 6 bulan. Warna cokelat yang dihasilkan pun adalah warna alami dari jenis buah asam. Wangi yang keluar berasal dari kacang Secang (klo tidak salah). Bir ini sangat direkomendasikan untuk diminum karena menyehatkan, menghangatkan dan 100% halal :)

Bir ini dijual dalam botol-botol sirup seperti di samping. Namun untuk meminumnya, kita langsung meminumnya tanpa ditambahkan air lagi seperti layaknya sirup. Langsung diminum sangat enak. Jika Anda suka meminumnya dalam kondisi dingin, maka saya (atas rekomendasi Ibu penjual) menyarankan untuk memasukannya ke dalam lemari es saja, tidak dengan menambahkan batu es. Kenapa? Hasil yang saya minum membuktikan bahwa ketika ditambah batu es maka rasa khas jahe dari bir ini langsung hilang. Jadi, sebaiknya diminum langsung saja :) , tapi jangan ditenggak langsung di botolnya yah,, ambil gelas dulu lah, sabar sedikit dan temukan sensasi rasanya #halah :p

Hmm, masih banyak lagi sebenarnya makanan khas Betawi yang ada di sini, namun saya belum mencicipnya satu per satu, hanya mengabadikannya saja dalam beberapa potret berikut :)

4.  Toge Goreng

5. Ketoprak

6. Rujak Tumbuk

7. Dodol Betawi

8. Laksa

Nah, jadi bagi yang mau main ke setu babakan, jangan sampai Anda tidak menyiapkan uang (banyak) karena akan menyesal jika tidak mencicipi makanan khas Betawi ini :) 

Untuk wahana apa saja yang ada di sini, akan saya ceritakan di cerita selanjutnya, jadi sabar yah :D #padahal ga da yang nungguin :p







Friday, 7 September 2012

Jates Mode : On

Jates itu adalah bahasa Jawa untuk menyebut pepaya, eh salah ding itu mah kates :p . Jates itu adalah sebuah istilah bagi orang Sunda untuk menyatakan suatu tindakan ceroboh. Misalnya, jika seseorang diminta untuk mencuci piring oleh Ibunya, namun sering kali saat kegiatan ini berlangsung, satu atau dua piring jadi korban dan pecah. Maksudnya bukan dipecahkan secara sengaja dengan cara dilemparkan misalnya, tapi memang murni unsur ketudaksengajaan. Hal ini berulang-ulang kali terjadi sehingga Ibu tersebut biasanya mengatakan bahwa anak itu seorang yang jates. 

Ada suatu tradisi atau mungkin lebih tepat bila dikatakan sebuah mitos untuk menyembuhkan atau mengurangi kejatesan. Setiap seorang anak jates hendak melakukan cuci tangan, semisal sebelum atau sesudah makan, anak tersebut diminta untuk mencuci tangan dengan air hangat. Entahlah, apa maksudnya. Mungkin agar dengan menjadikan tangan itu hangat maka tangannya menjadi lebih hati-hati. Tapi ga tau ding.

Salah satu di antara anak jates itu adalah saya dan saya pun ketika kecil sering kali melakukan kegiatan cuci tangan dengan air hangat. Saya sih seneng-seneng aja, secara kan lumayan tangannya jadi hangat hehe... Namun, apakah kejatesan saya berkurang? Hmm, entahlah. Tapi jika jates hanya didefinisikan sebagai seseorang yang sering memcahkan piring sepertinya saya telah dieliminasi dari anak jates ini. Saya jauh lebih berhati-hati sekarang saat cuci piring. Namun, jika jates itu adalah ceroboh dan sering melukai diri sendiri seperti air hangat tersebut tidak menyembuhkan kejatesan. Sering kali saya melukai diri sendiri. Maksudnya bukan melukai sendiri secara sengaja, tapi kembali lagi pada definisi awal , jates = kecerobohan yang tidak disengaja. 

Akhir-akhir ini sepertinya jates saya sedang kambuh #halah :p. Bayangkan saja, tiba-tiba saya melihat memar di kaki. Widih, memar apa ini? saya tidak ngeh apa penyebab memar ini. Ternyata ingat, oh iya kemaren kejedot pintu. Belum lagi, tiba-tiba ada bekas luka gores di kaki juga dan ternyata saya baru ingat itu kegores tanaman hias. Hadeuh, parah bet deh pokoknya. Ga ngerti harus digimanain lagi nih wat menyembuhkan kejatesan ini. Bahaya juga nih kalo keseringan melukai diri sendiri kayak gini.

Adakah yang punya solusi mengurangi kejatesan? :D

Thursday, 6 September 2012

Jakarta Tempo Doeloe

Kalo Bandung punya Braga, maka Jakarta punya kawasan Kota Tua untuk melihat dan menikmati suasana Indonesia Tempo Doeloe. Bangunan-bangunan sisa masa penjajahan Belanda (mungkin) yang banyak berdiri di kawasan ini. Saat ini, kebanyakan di antara bangunan-bangunan tersebut dijadikan sebagai Gedung Museum. Dua di antaranya adalah museum Fatahillah dan Museum Wayang
Museum Fatahillah
Museum Wayang

Jika tertarik untuk merasakan bagaimana menjadi None-None atau juga Kompeni Belanda saat jaman penjajahan, kita dapat menyewa sepeda di sini. Kenapa saya mengatakan merasakan menjadi None atau kompeni dengan naik sepeda di kawasan ini? Karena selain suasana dan bangunan di sini sisa peninggalan jaman Belanda, kita juga dapat mengenakan topi khas None dan Kompeni :) .
Sepeda Kompeni :p
Seperti yang kita tahu, bahwa Jakarta Tempo Doeloe dikenal dengan nama Batavia, dan mungkin tempat makan di sini mencerminkan juga bagaimana tempat makan di Jakarta saat dahulu masih bernama Batavia. Seperti apa yah makanan yang dijajakan di sini?
Untuk kunjungan kali ini, seperti kebiasaan saya : ngedadak dan tana persiapan sehingga memang tidak mempersiapkan diri untuk jalan-jalan. Jadi sepertinya akan sangat menarik jika berkunjung ke sini lagi suatu saat bersama keluarga atau teman. Sepertinya seru naik sepeda tandem ala None dan Abang Kompeni sambil menikmati Jakarta Tempo Doeloe :) 




Saturday, 11 August 2012

Warna-Warni Ramadhan 1433H

Menjawab pertanyaan tahun lalu tentang akan di manakah saya pada Ramadhan tahun ini , dan alhamdulilah saya dapat menikmati tempat, suasana dan kegiatan yang berbeda dari tahun lalu. Memang sih hanya satu minggu tapi tak apalah :) .

Bermula dari ajakan seseorang yang mendapatkan kontak saya dari seorang teman untuk mengikuti kegiatan pesantren kilat di yayasan pendidikan PT Pupuk Kujang Cikampek. Bukan sebagai peserta melainkan menjadi mentor. Santai, bukan mentor yang berat-berat kok, menjadi mentor untuk adik-adik TK (taman kanak-kanak yak bukan teknik kimia :p ).Kontak ini diberikan atas rekomendasi teman saya karena sebelumnya saya pernah bergabung dengan organisasi yang berkecimpung di hal yang sama, menangani anak TK, yaitu PAS ITB. Sudah lama sekali saya tidak berinteraksi sebagai mentor anak TK namun ya sudah, tak salah bila mencoba lagi :) 

Kawasan Pupuk Kujang sebenarnya hampir sama dengan kawasan tempat ramadhan tahun lalu saya melaksanakan Kerja Praktek dan dengan suasana yang hampir sama. Namun, hal menarik yang ada di sini salah satunya adalah bentuk mesjid yang hampir sama dengan Mesjid Salman ITB, tanpa kubah dan desain yang hampir mirip.

Mesjid Nahrul Hayyat, PKC
Pesantren kilat ini dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 6 s.d 10 Agustus 2012 dan saya bertemu dengan makhluk-makhluk kecil yang aktif, pinter dan sangat keren-keren :) . Menjadi mentor, bukan berarti kita selalu memberikan pelajaran karena terkadang justru kitalah yang belajar dari keluguan mereka, menyadarkan kita akan berbagai hal. Bahkan saya sempat merasa terharu saat mereka tampil menyanyikan lagu tentang Ibu, tentang guru. Ah, membuat saya merasa sangat belum berguna sama-sekali.

Menatap wajah lugu mereka, tanpa beban penuh keriangan dan semangat, menatap masa depan dengan senyuman untuk menggapai cita-cita mereka. Betapa indahnya menjadi seorang anak kecil :) 



Dimas "Bun" :D

Namun, kita harus tetap mensyukuri apapun yang sedang kita hadapi saat ini dan mari kita sambut sisa ramadhan ini dengan happy :)


video
Terima kasih adik-adik TK B1 Pupuk Kujang Cikampek yang telah mewarnai ramadhan 1433 H ini :D

#hal menarik kegiatan ini : bisa masuk ke controll room yang tidak dapat dimasuki saat diadakan Kulker Januari 2011 :)





Monday, 6 August 2012

Encouragement

Encouragement, entah bagaimana mendefinisikan ini secara tertulis (padahal arti jelasnya udah ada tertera dengan manis di kamus :p ) , namun akhir-akhir ini begitu tergiang-ngiang satu kata mantap ini. Berawal dari pemaparan sebuah kegiatan sosial oleh seorang alumni beastudi etos bandung angkatan 2007 tentang sebuah konsep beribadah dengan membantu sesama melalui kegiatan di taman ilmu sekebuluh bandung. Sebuah konsep berbagi yang keren banget. Sungguh mendengar pemaparan kakak ini secara langsung membuat saya menyadari satu hal : saya belum mampu melakukan hal apapun untuk orang lain.

Ketika diceritakan bagaimana proses tercetusnya ide ini dan bagaimana upaya mewujudkannya menyadarkan saya bahwa kita tak mampu melakukan segala halnya sendirian, kita mampu orang lain untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita. Dan betapa setelah mendengarkan itu merasa butuh sharing dengan teman-teman. Mendengarkan apa yang sedang apa pikirkan dan meluapkan apa yang ingin disampaikan. Dan keren adalah ketika hal itu benar-benar telah terluapkan. Inilah saat di mana saya benar-benar memakanai betapa pentingnya sebuah kata "encouragement" tersebut. :D

#tulisan ini hanya ingin meluapkan apa yang ingin diketik, yah jadi judulnya terkadang tidak nyambung :p


Wednesday, 1 August 2012

Keranjingan Anime :p

Mungkin salah satu penyakit akut yang saya punya adalah suka keranjingan nonton. Keseringannya adalah nonton serial korea atau anime. Setelah sekian lama menonton berseri-seri judul dorama korea maka saat ini saya sedang beralih menonton anime. Dan anime yang sedang saya tonton adalah One piece. #Iya, saya tahu saya telat ngikutin anime ini,

Dulu saya suka aneh mendengar teman-teman saya begitu keranjingan baca anime ini, tapi sekarang (mungkin) saya tahu apa alasannya. Yup, karena anime ini sangat keren. Keren, karena anime ini adalah anime yang mengajarkan kepada semua penontonnya untuk menghargai mimpi semua orang, apapun itu :D .
Hal keren lain yang saya temui di anime ini ada bahwa diceritakan selalu ada seorang yang sangat berpengaruh dalam menggapai mimpi-mimpi para tokoh di anime ini. Ada shanks bagi Luffy, Bellemere bagi Nami, Ayah Usopp bagi Usopp, Kuina bagi Zoro, Mr. Zeff bagi Sanji, Dr.Hiluluk bagi Chopper.

Hal keren yang ditemui di anime ini adalah bahwa mereka saling menghargai satu sama lain sebagai nakama, teman, atau apapun itu didefinisikan. Mereka begitu loyal dan saling membutuhkan satu sama lain. Ah, keren bet dah pokoknya anime ini :D

#arghh, tinggal nunggu waktu wat capek nonton . Gabut oh gabut :(


Monday, 23 July 2012

Jalan-Jalan Jakarta

Sambil menyelam minum air, mungkin peribahasa ini yang tepat untuk kegiatan yang saya lakukan. Berulang-ulang kali harus ke ibukota untuk melakukan tes kerja membuat iseng saya muncul. Hmm, ke Jakarta cuma buat itu? keknya asa ada yang kurang gitu, akhirnya saya iseng untuk jalan-jalan setelah selesai dengan tujuan utama,
1. Monas

Walaupun sering melihat monas dari jarak agak jauh ketika melewati sekitaran monas, namun belum pas rasanya jika tidak melihatnya dari jarak dekat. Dengan modal nekat maka meluncurlah ke monas :) . Sayang sekali, saat itu adalah hari minggu dan sudah sore pula, maka antrian untuk ke puncak begitu sesak. Maka perjalanan pun berakhir setelah mengunjungi museum perjuangan yang ada di basement monas.


2. PRJ
Setelah mengunjungi PRJ, saya malah bingung. Sebenarnya apa yang dicari orang-orang di sini. Di sini semacam pasar malam namun dalam ukuran besar. Hmm, beruntung, saya bisa menemukan objek menarik semacam gambar berikut.
 Ah, kalo udah liat candi semacam ini rasanya ingin ke Jogja saja. #kapan yak bisa ke sampaian ke sana? :(
3. Situ Gintung
Monumen peringatan situ gintung ini didirikan di sekitar situ gintung sebagai peringatan bahwa di sini dulu pernah terjadi musibah ambrolnya waduk.

Masyarakat Indonesia selalu unik dalam menanggapi sesuatu hal, bagaimana tidak jika setiap tempat musibah di Indonesia bahkan bisa dijadikan sebagai tempat wisata. Selain situ gintung ini, saya pernah mengunjungi Lumpur Lapindo di Sidoarjo. Mungkin, dengan mengunjungi tempat-tempat seperti ini kita dapat merenungi agar lebih dekat kepada-Nya.

Selain itu, saya pun menemui tempat-tempat unik
Restoran Betawi
 Awalnya saya kira ini sanggar kesenian betawi, ternyata ini restoran ,, hmm. Menarik :)
Bale Bengong
Dan itulah tempat-tempat yang saya kunjungi selama 3 kali tes suatu perusahaan di Jakarta. Walaupun saya belum beruntung untuk pekerjaan itu , namun setidaknya saya punya pengalaman dalam jalan-jalan Jakarta ini :) .

Tak ada yang sia-sia bukan ? Yup, jika kita bisa menanggapi dari sudut pandang positif :D .






Sunday, 22 July 2012

Bukan Sekedar Lab

Lab. Prosmat, begitu dinamai lab tempat kami mengerjakan Tugas Akhir. Apa yang kau bayangkan ketika mendengar kata Lab? Bahan kimia? Eksperimental? Bahan Meledug? Hmm, mungkin itu hanya sebagian kecil dari apa yang ada di lab prosmat. Di lab ini, kami hampir mengerjakan semuanya, tidak terbatas untuk masalah akademik, tapi juga yang lainnya.

Apa saja yang pernah kami lakukan di lab ini? banyak. Berikut adalah event-event yang saya ingat dilakukan di lab

1. Syukuran



Ini adalah acara syukuran salah satu anggota lab prosmat. Acara 7 bulanan (putra) dr. Venny tepatnya. Lucu kan acara 7 bulanan di selenggarakan di lab? :)

Sebenarnya syukuran semacam ini juga pernah diadakan di lab yaitu syukuran lulusan ka Alven dan syukuran pra hajatan nikahan putri pa bambang.

2.  Perayaan Ulang tahun



Kami (anggota Lab) sangat menyukai ulang tahun. Siapapun itu, karena itu artinya ada kue ulang tahun di Lab :D . 

3. Arisan

Yup, kamu tidak salah dengar. iya, arisan. Latar belakang adanya arisan adalah karena banyaknya jumlah anggota lab wanita. Namun, walaupun begitu jangan salah, ketua arisan lab Prosmat adalah Mang Iim lho :) . Walaupun ini acara iseng-isengan saja ( ya lah, wong cuma 10rb per orang per 2 minggu :p) , tapi tetap saja asyik, karena setiap arisan pasti ada banyak makanan :D

4. Acara Munggahan
Munggahan atau acara penyambutan ramadhan. Ini diadakan hari Kamis lalu, dan yang datang tidak hanya anggota lab tapi juga alumni anggota  lab :)

                                             

5. Main Game Bareng
Game merupakan salah satu kegiatan pelepas jenuh ketika menunggu proses eksperiment berlangsung. Di lab ini, kami bahkan membeli seperangkat permainan monopoli dan kartu UNO :). Namun tak jarang juga kami (tapi saya tidak termasuk :p) memainkan catur dan PS.

Ah, begitu lah lab prosmat, lab yang telah berhasil meluluskan saya dari ITB dan telah mempertemukan saya dengan orang-orang hebat yang membantu kelulusan saya, mengajari saya banyak hal : akademik dan non akademik. Terima kasih atas semuanya :D

Monday, 16 July 2012

(Ketika) Toga (tak lagi) di Tepi Jendela




Toga di tepi jendela, adalah salah satu judul buku yang penulisnya adalah anak-anak etoser seluruh penjuru nusantara. Mereka menuliskan kisah mereka dalam memperjuangkan bangku kuliah. Di saat kebanyakan anak SMA di penjuru nusantara lain bingung memilih akan masuk jurusan apa dan di universitas apa, kami pun sama. Di saat mereka tinggal mendiskusikannya bersama orang tua, orang tua menggangguk maka urusannya selesai. Maka kami (etoser) memiliki cerita berbeda. Di saat kami sudah mantap ingin kuliah dan mendiskusikan dengan orang tua, maka perjuangan untuk (ingin) kuliah baru di mulai. Ah, cerita lengkapnya, bisa di baca di buku Toga di Tepi Jendela #promosi :p , tulisan saya memang tidak dimuat di buku ini, karena yang memperoleh kesempatan menulis mulai etose 2009 ke bawah :). Kisah saya pernah saya tulis di sini

Dan saat ini, Toga  (tak lagi) di tepi jendela :D


Goretan mimpi ketiga itu telah berhasil terpenuhi pada 14 Juli 2012 kemarin. Mimpi yang tertulis pada dream board dan terpampang di dinding kostan. Bukan, ini bukan akhir. Ini adalah awal. Awal untuk melanjutkan meraih mimpi-mimpi lainnya.

Terima kasih kepada orang tua, para guru, beastudi etos, pemberi beasiswa lainnya, teman-teman asrama, teman-teman teknik fisika 2008, dan semua yang telah membantu mewujudkan mimpi ini. Terima kasih atas segalanya :).


Selamat berjuang kembali, Susi :D

Thursday, 5 July 2012

Iri. Bolehkah?

Tiba-tiba ngerasa iri dengan seorang teman. Memangnya bolehkah saya iri? entahlah, perasaan itu tiba-tiba hadir begitu saja. Menyaksikan seorang teman tersebut sedang mengajarkan Matematika anak seorang tetangga di sekitar asrama putri etos Bandung. seorang anak yang sudah lama kita kenal ada di sekitar asrama putri, tapi tak ada seorang pun yang menyadari bahwa ia membutuhkan bantuan untuk belajar.

Memang, saya pernah mengajar (Free) anak-anak, tetapi anak yang saya pernah ajari adalah saudara atau tetangga di sekitar rumah yang saya kenal. Beda dengan yang dilakukan teman saya ini. Dia mengajari (Free) seorang anak tetangga yang tidak ada sama sekali hubungan dengan dia. Dia mengajar dengan penuh semangat. Keren banget.

Jika ada yang bertanya apa spesialnya teman ini dengan orang lain yang mengajar secara Free ? karena dia adalah alumni etos. Seseorang yang saya tahu siapa dia. Keren banget dah teteh yang satu ini. Semoga diberi kesempatan untuk membalas rasa iri ini dengan minimum melakukan hal yang sama seperti yang ia lakukan saat ini, secepatnya :D Aamiin .

Monday, 2 July 2012

Obat kantuk yang sebabkan susah tidur

Ini bukan sekali atau dua kali, tapi keknya sering banget. Abis makan obat yang katanya menyebabkan kantuk justru malah bikin ga bisa tidur. Awalnya mah lempeng we, tapi kalo dipikir-pikir keknya ada yang salah. Bener saja, ternyata pas baca kontradiksi pemakaian obat tertulis : hentikan Pemakaian jika menyebabkan peningkatan denyut jantung dan susah tidur.

Nah, masalahnya kenapa bisa gitu?

Ngubek-ngubek baca artikel, coba wat narik kesimpulan sotoy sendiri :p . Baca kandungan obat yang saya minum katanya mengandung chlorphenamine. Chlorphenamin merupakan salah satu jenis antihistamin yang fungsinya untuk mengobati gejala alergi. Masih belum nemu tuh keterkaitan antara susah tidur dengan obat yang saya minum. Akhirnya baca tentang insomnia. Di artikel tersebut dikatakan bahwa insomnia dapat disebabkan oleh meminum kopi atau teh atau minuman lain yang mengandung kafein atau bisa juga karena obat yang mengandung amfetamin [1].

Amfetamin adalah obat yang dapat merangsang sistem saraf pusat, yang biasanya digunakan sebagai obat depresan atau obat untuk gangguan yang menyebabkan orang tidur di waktu yang tidak tepat di siang hari. Efek samping dari obat ini adalah peningkatan denyut jantung dan susah tidur [2]

Nah, yang jadi pertanyaan sekarang adalah apakah Chlorphenamin itu merupakan salah satu jenis dari amfetamin? Keduanya sama sih mengandung gugus amine, tapi apakah keduanya ada hubungan? Baik-baik saja 

Ah, ini mah hasil sotoy ding, harus tanya dokter atau anak farmasi kenapa efek samping dari obat yang seharusnya sebabkan kantuk justru malah ga bisa tidur. Apa bener ada pengaruh dari amine tersebut? Hmm,,


Thursday, 28 June 2012

Screaming Room

Kalo lagi bosen dan iseng, biasanya suka ada aja ide GJ yang seliweran di kepala. Nah, yang tiba-tiba seliweran di kepala kali ini adalah screaming room atau ruang jerit atau apapun lah arti bebas dari kata-kata ini . Intinya adalah suatu ruangan di mana kita dapat berteriak-teriak sepuasnya tanpa harus merasa khawatir akan menggangu orang lain. Kenapa? karena ruangan ini kedap suara. 

Ruangan ini diperuntukan bagi orang-orang yang biasanya meluapkan ekspresi dengan berteriak. Memang tempat yang enak wat teriak itu adalah di atas gunung atau bukit yang jauh antah berantah dari manapun. Namun, sayangnya tempat ideal seperti ini tidak selalu mudah untuk ditemui atau waktu kita yang tidak mencukupi untuk ke sana. Nah, jadi teriakan bisa dilepaskan sesuka hati kita di sini :D

Untuk menambah rasa puas, maka disediakan suatu layar besar sebagai latar. Bisa latar pegunungan biar berasa beneran lagi teriak di sana atau juga bisa latar belakang muka orang yang ingin kita teriakin :p apapun yang membuat kita lega :) .

Hehe.. ini mah cuma ide doang, kali ada investor yang mau nanemin modal di sini  ini mah cuma tulisan iseng orang yang pengen teriak tapi ga da tempat wat teriak :P

#kenapa ribet screaming room yak klo ada tempat karokean? Hmm,, soalnya kalo karokean mah enaknya bareng-bareng ma temen dan tempat wat nyanyi bukan wat teriak-teriak *halah :p

Monday, 18 June 2012

Korean Cuisine

Berawal dari rasa penasaran dan berhasil mempengaruhi teman-teman yang lain akhirnya kesampaian juga untuk makan Toppoki. Saya dan dua orang teman lainnya yang kebetulan punya kesukaan nonton dorama Korea berkesempatan untuk mengunjungi salah satu restoran masakan korea di Bandung. Namanya Han Kook Gwan. Jangan tanya apa arti kata itu, karena jangan kan kita, pelayan di sana juga tidak tahu apa artinya (padahal seharusnya mereka tahu agar bisa memuaskan pertanyaan pelanggan), tapi ya sudahlah.

Yeah, it is Toppoki :D

Apa saja yang kita makan? Sebenarnya niat awal kami hanya memakan toppoki, tapi sistem di restoran ini adalah disajikan juga satu set makanan korea. Judulnya "Gratis", tapi sepertinya harga makanan ini dibebankan ke makanan yang kita pesan, jadi harganya mahal gitu. Tak apa, kita jadi pernah mencicipi makanan korea.


Kimchi dan kawan-kawannya  (ga tau apa namanya :p)

Genk Uno in action hehe..
Bagaimana rasanya? Rasanya seperti cilok pedas dengan aroma yang menyengat. Dan saya tidak sesuai dengan aromanya itu. saya ternyata anak Indonesia asli yang selalu asing dengan makanan luar, ga sesuai dengan lidah saya ternyata. Tapi saya senang karena ga penasaran lagi deh dengan makanan yang satu ini :D .

Ini adalah kali kedua saya makan masakan korea setelah Bibim Bap yang saya makan di Foodcourt salah satu mall di Bandung akhir 2011 kemarin. Sebenarnya incaran pas makan bibim bap adalah toppoki juga namun belum kesampaian karena di sana ga ada. Baru sekarang deh kesampeannya :D

#Kita pergi ke sana tgl 8 Juni 2012, efek sudah mengunggah foto-foto ini di FB hampir saja lupa nulis di blog :p

Saturday, 16 June 2012

Laughing Gas

Ini hasil penasaran pas ujian FE (Fundamental Engineering). Di ujian FE ini, kami (para peserta ujian) disediakan semacam buku kumpulan materi singkat gitu, nah di salah satu bagian bab (mungkin bab kimia) tertulis "LAUGHING GAS". Wew, gas macam apa ini, yang saya pernah dengar itu adalah gas air mata. Gas yang merangsang air mata untuk keluar. Nah, kalo gas tawa ini gimana cara kerjanya. #Beruntung selama ujian FE, ga penasaran wat nyari tentang cara kerjanya :D

Gas tawa adalah nama lain untuk dinitrogen oksida (N2O). Gas ini katanya ga berwarna tapi agak sedikit berbau. Penggunaan gas ini adalah untuk keperluan anastesi dan digunakan bersama-sama dengan Oksigen. Efek dari gas ini adalah menimbulkan rasa tenang, namun harus dengan dosis yang tepat karena jika tidak dapat berbahaya yaitu sebabkan pingsan bahkan kematian.

Nyari-nyari artikel tentang gas tawa ini tapi rata-rata tidak ada yang menjelaskan bahwa gas ini memang bisa membuat seseorang tertawa, hanya efek merasa bahagia saja. Ngerasa geli di telapak kaki. Uih, kalo efeknya kek gitu mah udah aja gelitik telapak kaki sendiri aja :p . Belum nemu nih, cara kerjanya gimana. Apa mungkin benar kata teman saya yah yg mengatakan mungkin cara kerjanya adalah N2O dapat merangsang aktifnya syaraf yang peka terhadap rasa geli? Hmm,, belum tau juga tah,, tapi setidaknya hari ini saya belajar bahwa di dunia ini ada suatu gas yang diebut gas tawa . (makanya rajin baca, Sus, manfaatin internet dgn bijak, bukan cuma Fb-an aja :p)

Tapi, setidaknya kita harus beryukur karena untuk tersenyum dan tertawa kita tidak membutuhkan gas ini.  Cukup dengan berbagi kebahagian dengan orang di sekitar dan orang-orang yang kita sayangi. Menatap mereka bahagia maka otomatis senyum itu akan terukir di wajah kita :D  #Argh,, jadi pengen pulang hehe..



Wednesday, 6 June 2012

Nice Quote :)

Tidak ada orang tua yang sempurna. 

Tetapi setiap malam, saat kita sudah tertidur, mereka selalu memperbarui janji untuk menjadi orang tua yg lebih baik esok harinya--tanpa kita tahu, sambil menangis malah.

--Amelia, penutup serial anak-anak Mamak. Darwis Tere Liye



#dan saya bukanlah juga anak yang sempurna, tapi saya selalu berusaha untuk menjadi lebih baik. :)

*saya tidak ada di foto , yg digendong bapak saya itu adalah adik saya bukan saya (bisi ada yg ngira itu saya hehe.. )

Tuesday, 5 June 2012

Poster Pertama

Mau pamer nunjukin sedikit hasil kerjaan saya hari ini :D . Setelah satu hari kemarin gabut ga jelas maka hari ini saya judulin "Hari Tanpa Gabut Sedunia" , dan inilah hasil kerjaan saya :) .
Ini adalah poster pertama yang saya buat. Selama ini saya belum pernah buat poster, mungkin karena telah ter-frame bahwa ini susah dan harus dibuat dengan software yang ribet-ribet semacam corel draw. Nah, kenapa tiba-tiba saya buat poster? Karena ini salah satu syarat untuk sidang S-1 , hehe.

Awalnya, berniat untuk menggunakan powerpoint berdasarkan saran dari kakak kelas yang pernah membuat poster untuk TA nya, namun entah mengapa , saya mengalami kesulitan. Dan akhirnya menemukan sebuah perangkat lunak yang telah ada semenjak Ms. Office diinstal di laptop saya namun belum pernah tersentuh sama sekali. Dia adalah Microsoft Publisher. Dan seperti inilah hasilnya, memang agak aneh, tapi ya sudahlah. saya senang dengan hasil kerjaan saya kok :D . 

Kenapa harus abu-abu? Karena entah mengapa saya ingin membuat poster dengan background warna abu-abu. Tidak ingin mencoba warna lain yang lebih cerah? Hmm, mungkin untuk satu poster lagi yang akan dibuat, saya akan menggunakan warna cerah, dan sepertinya biru akan menjadi pilihan warna selanjutnya. :)

Selamat Hari Tanpa Gabut Sedunia :D #naon deuih :p


Thursday, 31 May 2012

Coretan Mimpi


Salah satu coretan di dream board akan segera tercoret seiring dengan telah diadakannya koloqium kemarin. Namun, badai belum berakhir. Masih ada ujian Fundamental Engineering di pertengahan Juni 2012 nanti.

Setelah melakukan hal besar, biasanya ingin melakukan hal lain. Tak terkecuali kali ini. Entah mengapa tiba-tiba terlintas beberapa rencana baru yang sebenarnya dulu pernah terlintas juga namun belum terwujud. Tiba-tiba pengen belajar masak, belajar motor (lagi) dan pengen belajar nyetir mobil. Ah, asa masih banyak yang belum terpenuhi. Makan toppoki, belum. Jalan-jalan ke Yogja, belum. Hadeuh, masih banyak "coretan-coretan" yang belum kewujud geuning. 

Tapi,harus tetap disyukuri untuk telah terlaluinya koloqium kemarin. Alhamdulilah. Dan mari berjuang menghadapi ujian FE :D

#TA tentang Fe, ujiannya juga FE. hehe..*naon deuih, Sus :p



Monday, 28 May 2012

Mei

Akhir Mei selalu aja galau  deg-degan. Ga tahun kemaren atau tahun ini. Jadi inget pertanyaan Darwis Tereliye, " Adakah yang punya cerita khusus di bulan Mei?? ". Saya jawab : " Saya punya, Dua" , sambil niru iklan salah satu minuman kesehatan :D :p

Aduh, Mei.. Mei..

#Ni dah ga jelas sebenarnya, segala perasaan nyampur aduk jadi satu . Tapi beruntung, saya punya judul untuk posting kali ini :p

Tuesday, 22 May 2012

Random #3

Pernah ngerasa pengen nangis tanpa alasan? Nah,tanpa kalo saya ingin nangis tapi bukan karena tanpa alasan tapi karena bingung kenapa saya ingin nangis (terlalu banyak alasan untuk itu).
Tiba-tiba pengen nangis ke siapa aja yang mau dengerin, tapi ga da yang dengerin :( . Pengen nelpon ke mamah, tapi urung karena saya ga bisa ngelakuin itu. Argh,,,
Tahan, Sus. Semuanya pasti baik-baik aja ,,

Friday, 18 May 2012

Random #2

hidup. kehidupan. penghidupan. Ah, apapun itu. Terkadang hanya dilintasi tentang pertanyaan-pertanyaan akan jadi apakah ke depannya. Mimpi-mimpi itu seakan masih jauh untuk digapai. Tidak, saya tidak menyerah. Sungguh. Saya masih memiliki mimpi-mimpi itu. Mimpi-mimpi yang selalu hadir bahkan saat saya terjaga. Ya, terkadang saya merasa terjaga dalam mimpi dan bermimpi dalam terjaga. Bingung? jangan tanyakan itu kepada saya, karena saya pun tak tau mengapa hal ini bisa terjadi.

#nulisnaonieuteh :p *random

Saturday, 14 April 2012

Today is Yours . The Next ( Day) is Mine

Selamat Wisuda teman-teman yang wisuda hari ini terutama tujuh teman Teknik Fisika ITB 2008 : Dipta Yudistira, Mikael Yuan, Ezra Priya, Putu Agus, Stefen Lili, Humprey Wirgho, Finna Susanti. Selamat menyandang gelar Sarjana Teknik. 

Today is yours . The next ( day) is mine . Amin :)

Berjuang untuk segera menyusul mendapat gelar S.T ini. Masih ada 48 hari untuk mencapai batas pengumpulan draft TA. Semangat, Susi :D

Wednesday, 7 March 2012

Maret

Ruang itu nampaknya masih sama sejak 3 tahun yang lalu. Saya berdiri di depan ruang itu dan menatap orang-orang yang ada di ruangan itu. Masuk ke dalamnya seolah semua masalah yang ada ingin dikeluarkan, tidak terkecuali. Masalah keluarga, masalah TA, masalah apapun yang ada yang sedang melingkupi saat itu. Namun, bukan suara yang keluar, namun hanya air mata. Bodoh sungguh bodoh saat menyadari betapa tidak mampu mengendalikan air mata itu. Sesuatu yang berakibat kekhawatiran. 

Cerita yang ingin disampaikan itu tercekat dan hanya menyisakan sakit di tenggorokan. Cukup dahulu saja mereka mendengarkan keluh saya, saat ini sebaiknya saya mengabari mereka cerita yang dapat mengukir senyum di wajah mereka.

Maaf selama ini seperti menghilang. Maaf karena belum bisa berbuat apa-apa. Sibuk bukanlah alasannya, hanya saja saya sepertinya punya masalah dalam menjaga suatu silaturahmi. Semoga ke depannya saya bisa memperbaiki.

Saturday, 18 February 2012

Karena,,

Karena ada banyak alasan untuk melakukan sesuatu hal, tak terkecuali makan. Lapar, tentu saja adalah salah satu alasan mengapa seseorang makan. Makan apa? itu menjadi permasalahan selanjutnya.

Ada beberapa alasan mengapa kita memilih makan di tempat tertentu :
Pertama, tempat tersebut adalah tempat favorit kita yang menyediakan makanan yang kita suka.Kedua, tempat tersebut baru dan kita inginn mencobanya.Maka berdasarkan pada alasan kedua, saya dan teman-teman mencoba menngunjungi salah satu tempat makan yang sedang ramai diobrolkan teman-teman yang lain. Mie Reman, begitu namanya. Maka setelah beres praktikum, kami pergi ke sana.


Mie ramen dengan tingkat pedas berlapis-lapis itu yang ditawarkan. Memang jenis makanan seperti ini sudah ada sebelumnnya, bedanya mie yang ditawarkan di sini adalah sesuai dengan harga mahasiswa , KATANYA :p
 Sekilas, tak ada bedanya dengan mie di atas selain warna mangkoknya. Tapi masing-masing memiliki level berbeda. Saya memilih aman dengan memesan level 1, sedangkan kedua teman saya merasa tertantang dengan memesan level 3 dan 5. Hasilnya ? teman saya yang memesan level 5 harus berjibaku dengan peluh sepanjang memakan mie reman ini hehe..#semoga efek mie ini hanya itu saja, tidal lebih :)


Thursday, 16 February 2012

Bosen T.T

Arrgh,, bosen. Dunia terasa dipersempit. Kost-an - Lab - Kostan. Bukan karena saya anak lab, cuma ga tau harus ngapain lagi di kampus selain di lab. Padahal di lab juga ga ngapa-ngapain. Cuma buka internet ampe bosen. Argh, bosen. 

Harusnya nyicil belajar wat bikin teori dasar, harusnya ga gabut, harusnya ga males. Arggh, butuh pensuasanaan.

Thursday, 2 February 2012

Angkot oh Angkot,,

Wew, seminggu terakhir udah baca dua cerita tentang aksi  kriminal di angkot dan dua cerita itu menyebutkan angkot jurusan yang sama : Caheum-Ciroyom. Saya bisa mengabaikan dua cerita ini andai saja saya bukan pengguna angkot. Namun sayangnya, saya pengguna angkot dan masalahnya lagi, angkot Caheum-Ciroyom adalah angkot yang sering saya gunakan.

Sebagai seorang yang tidak bisa naik tidak punya motor, maka angkot adalah angkutan yang sangat membantu untuk mobilitas saya (halah :p ). Bahkan keseringan naik angkot membuat saya tau beberapa cara mencapai suatu lokasi dengan naik angkot B-) . Sesuatu yang tidak layak untuk dibanggakan sebenarnya hehe..

Sebenarnya tindakan kriminal di angkot bukanlah cerita baru bahkan saya pernah jadi korbannya setahun yang lalu. Lalu apa bedanya sekarang? Dari dua cerita yang saya baca tersebut, tindak kriminal yang dilakukan sudah tidak sembunyi-sembunyi lagi tapi terang-terangan. Bukan sekadar aksi pencopetan tapi penjambretan dan percobaan pelecehan seksual. #hadeuh, naudzubillah. Moga terlindung dari hal-hal kek gitu.

Hmm,, seperti dibilang Bang Napi bahwa kejahatan terjadi karena ada kesempatan. Jadi harus lebih waspada lagi sekarang keknya. Harus ngehindarin tidur diangkot (kebiasaan saya yang sepertinya harus ditinggalkan , #tapi pas kecopetan diangkot saya lagi ga tidur , serius), ngehindarin naik angkot yang penumpangnya sedikit, nghindarin naik angkot yang penumpangnya mencurigakan dan kalo bisa naik angkot dengan orang yang sudah dikenal. #Hadeuh,, sekarang mah cuma naik angkot aja kok susahnya minta ampun yah T.T



Thursday, 26 January 2012

Ketemu Calon


Sampai saat ini saya baru bertemu secara formal tiga kali. Pertemuan formal pertama di sebuah majelis taklim.Pertemuan kedua terjadi kemarin , hanya pertemuan yang telah terjadwal seperti seharusnya. Teman-teman yang datang dapat dihitung jari. Di pertemuan itu, nama saya hanya disebut satu kali.,di penghujung pertemuan.Walaupun sempat ngobrol tapi sepertinya tidak begitu ngeh dengan kehadiran saya.

Begitu pun di pertemuan ketiga hari ini, entah kenapa saya lupa mengenalkan diri. Saya langsung menjelasan mengenai apa yang akan saya kerjakan. Ia menanggapi dan memberikan sederetan pertanyaan. Ada beberapa pertanyaan yang dapat saya jawab, namun ada beberapa pertanyaan  lain yang hanya mampu saya jawab dengan senyum (atau bahkan terkesan cengengesan :p ). Sampai akhirnya saya memberanikan diri untuk menayakan pertanyaan krusial itu. Kenapa harus saya yang bertanya? Karena memang saya yang harus bertanya. Ya, mesti saya :D

Saya : “ Jadi apakah  bersedia menjadi pembimbing saya ?"
Calon : “ Hmm, saya belum dapat menentukan sampai Anda menjawab semua pertanyaan yang saya ajukan supaya saya yakin Anda punya pondasi yang kuat“
Saya : “ Hmm,, baiklah . Terima Kasih :D ”

 Dan pertemuan ketiga dengan calon pembimbing II TA  itu pun berakhir dengan segudang pertanyaan yang harus saya cari jawabannya. Hayuk ah, semangat belajar TA lagi supaya beliau bersedia menjadikan saya anak bimbingannya :D

#Epilog (halah :p)
Calon pembimbing II TA saya adalah dosen Teknik Karakterisasi Material, matakuliah pilihan yang sedang saya ambil di semester delapan ini. Pertemuan formal pertama adalah saat beliau memberikan tausiah di majelis taklim yang diselenggarakan MUFTI sedangkan pertemuan kedua adalah saat kuliah pertama TKM kemarin.

Maaf yak, judulnya sedikit ambigu. Namanya juga blog, iseng-iseng suka-suka yang nulis :p

Wednesday, 25 January 2012

Semester Delapan

Wew, semester delapan. Insya Allah, ini semester terakhir saya kuliah. Amin. :D . Di  Semester ini saya hanya mengambil 8 SKS saja, 5 SKS TA dan 3 SKS mata kuliah pilihan. Teknik Karakterisasi Material begitu nama matkul yang saya pilih. Walaupun semester ini sudah dimulai per 24 Januari kemarin, tapi jadwal kuliah saya baru dimulai hari Rabu ini.

Kuliah TKM ini baru akan dimulai pukul 16.00 WIB dan hanya satu jam saja. Entah perasaan apa tadi itu, semacam anak baru yang merasakan bangku kuliah #halah :p .Sedari siang sudah menantikan kuliah dan akhirnya pada waktu menjelang kelas dimulai, saya bersama teman-teman sudah berada di ruangan.Kuliah yang hanya diikuti oleh 6 mahasiswa. Ini adalah pengalaman pertama saya juga mengikuti perkuliahan yang diikuti oleh mahasiswa dalam jumlah sesedikit itu :D

#Bener deh, tadi itu ngerasa kek Maba di hari pertama kuliah hehe..

Wednesday, 18 January 2012

Tanya



Sekali-kali mungkin pertanyaan kita ditertawakan (entah karena alasan apa). Namun, sebaiknya abaikan jika menyebabkan kita enggan bertanya lagi.  "If you don't ask, the answer is always no" , quote yang pernah saya baca di T-Shirt acara reuni alumni salah satu jurusan di ITB. Hmm, bener juga sih :D .

Hayuk atuh urang naros(an) #eh :p

Tuesday, 17 January 2012

Hey, Apa Kabar?

Hey, Apa kabar? semoga kamu yang sedang membaca blog ini baik-baik  saja :D

"Hey, apa kabar?" adalah kalimat pembuka yang biasa saya dapatkan ketika memulai sebuah percakapan baik melalui sms, telpon, chat atau media komunikasi lainnya. Hmm, memang redaksinya bisa dalam bahasa Sunda atau bahasa Indonesia atau bahasa lainnya yang bisa saya mengerti tapi intinya menanyakan tentang kabar. Terkadang memang terdengar hanya sebagai basa-basi semata namun adakalanya memang kalimat ini memiliki makna tersirat sama seperti apa yang tersurat #halah :p

Biasanya jika saya yang mendapatkan pertanyaan ini, saya akan menjawab " Yah, saya baik " . Sebenarnya mungkin saat itu saya sedang dalam kondisi sedikit tidak enak badan  seperti sedang flu atau batuk . Namun, saya lebih sering menjawab saya memang sedang sehat. Ada beberapa alasan  saya menjawab seperti itu :
  1. berfikir positif saya baik-baik saja, 
  2. malas menjawab dengan jawaban yang lebih panjang,
  3. takut membuat penerima jawaban khawatir atau 
  4. saya memiliki definisi "baik" yang berbeda.
Tapi sepertinya selama ini alasan no.4 yang sering saya gunakan. Bagi saya,  selama saya tidak dirawat di sebuah rumah sakit atau selama saya masih bisa bergerak ke sana-kemari, saya masih dapat dikategorikan sedang berada dalam keadaan baik dan sehat :D ,, entahlah :p

#tulisan iseng dikala belum dapat mempublish games 11 pertanyaan hehe..

Sunday, 1 January 2012

Laskar Pelangi ala Anak ft08

Setiap orang itu punya 7 kembaran di seluruh dunia. Benarkah? Entahlah, tapi saya selalu merasa memang begitu adanya. Maka tak heran, jika tiba-tiba saya melihat seseorang dan mengatakan kepada teman di sebelah saya bahwa orang itu mirip dengan salah satu teman kami. Hmm, terkadang teman saya mengiyakan namun tak jarang pula menggeleng walau saya bersikukuh orang tersebut mirip. 

Saat menonton Laskar Pelangi the series yang ditayangkan oleh salah satu stasiun TV sejak 3 hari yang lalu, entah mengapa saya tiba-tiba melihat personilnya seperti anak-anak ft, namun kali ini bukan karena mukanya mirip, tapi karakter yang dia bawakan. Setidaknya ada 3 nama yang saya temukan yaitu karakter Mahar, A-Kiong dan Samson.

Mahar, sosok seniman sejati , mengingatkan saya pada aktivis lfm di ft08,.Mungkin karena ybs sering mengkoordinator kegiatan senikah? entahlah, tapi saya langsung menyimpulkan bahwa dia mirip sekali dengan Mahar hehe..

A-Kiong, sang keturunan Tionghoa. Gerak-gerik pemeran A-Kiong mengingatkan saya pada sosok pemilik IPK tertinggi seft08 . Kenapa? entahlah, mungkin sotoy saya sedang kambuh hehe..

Samson, tokoh yang sering berasumsi kalo laki-laki sejati adalah yang berotot. Sudah ditebak bukan siapa yang saya ingat ketika melihat sosok Samson? Yah, Sang Ketua Angkatan ft08 . hehe..

Ingin rasanya memposting ini di grup GJ ft08, Lounge. tapi ini tak ada gunanya, maka akan lebih bermakan kalo saya post di sini saja :) #halah

#jika ada kesamaan karakter atau nama mohon dimaafkan karena ini hanya cerita iseng semata :)