sunset

sunset

Thursday 4 August 2011

Ramadhan di tanah rantau

Samakah Ramadhan 1432H dengan ramadhan tahun-tahun lalu? Tidak, sama saja. Ramadhan ini saya lewati sama seperti tahun-tahun sebelumnya, di tanah rantau. Bedanya, jarak tanah rantau di ramadhan ini sangat jauh dari biasanya. Yah, saya ramadhan di pulau seberang, pulau yang dulu saya hanya dengarkan lewat nyanyian Darso saat Bapak memutarkan lagu kesukaannya. Pulau Sumatera.

Ramadhan di sini memiliki waktu shaum yang sedikit berbeda dari Bandung atau Garut. Ketika adik saya riweuh memamerkan puasa pertamanya saat di telpon, saya masih harus menunggu sekitar 30 menit untuk berbuka. Tapi, sahur di sini lebih siang. Saya bisa sahur jam setengah lima pagi di sini dan pamer ke adik saya :p

Ini adalah ramadhan pertama saya di tanah rantau sebenarnya,, kenapa? Ya, karena jaraknya memang jauh dari kampung halaman :p

Tahun depan masihkah saya diberi kesempatan bertemu dengan Ramadhan? Jika ya, di manakah saya akan bertemu dengan ramadhan 1433H ? :D

No comments:

Post a Comment