sunset

sunset

Friday, 30 December 2011

Bibim Bap Rasa Nasi Liwet

Wew, tak disangka hari ini bakal dapat traktiran :) dan lebih seneng lagi karena saya dapat memesan masakan korea :D . Ok, menatap nama-nama makanan yang dipajang di sana. Sepertinya saya baru membaca nama-nama makanan itu di novel yang baru saya baca dan film-film korea yang saya tonton. Hmm, tapi sayangnya, tak ada nama "toppoki" di sana, maka akhirnya saya memesan Bibim Bap, makanan yang sering disebut di film-film korea setelah kimchi dan toppoki hehe...


Ok, bibimbap adalah makanan yang disajikan di mangkuk panas dengan berbagai rebusan sayuran (ada lobak, bayam, wortel, toge),jamur, daging sapi yang dihaluskan, irisan telur dan kuning telur setengah matang.  Nasi putih juga ada. Karena panasnya mangkok maka nasi itu bahkan dapat menghasilkan kerak seperti nasi liwet :) .Rasanya?hmm begitulah :p , sampai teman saya mengatakan : " Apakah sudah mencapai kesimpulan bahwa masakan our country is the best? " mungkin karena melihat saya lama memakannya. Tapi, serius, itu karena memang saya makannya lama. Rasanya enak kok ,terbukti saya mampu menghabiskan apa yang ada  di mangkuk itu (kecuali setengah porsi nasinya :p ).Setdiaknya rasa penasaran saya akan masakan korea sedikit terpenuhi :)



많이 드세요  :) #halah

Thursday, 22 December 2011

Desember Ceria

Lima orang dari Lab. Advance Processing Material berkesempatan untuk "berlibur" di Jawa Timur. Mengikuti rangkaian acara Nanoversion (National Material Innovative University Competition) adalah dalih keberangkatan kami ke Jawa Timur, tepatnya Surabaya. Namun, karena dua di antara lima orang tersebut adalah warga Jawa Timur, maka kami pun sekalian "berkunjung" ke kota mereka yaitu Sidoarjo dan Malang.

Kami berangkat dari awal memang sudah merencanakan akan berkunjung ke Sidoarjo dan Malang, apapun hasil kompetisinya. Bahkan salah seorang di antara kami sempat memimpin do'a sebelum acara kompetisi dimulai bahwa hasil kompetisi ini tidak boleh mempengaruhi liburan kami nantinya. Toh, kita sudah sampai di Jawa Timur untuk mengikuti Grand Final Kompetisi ini pun tak ada yang menyangka. Bukankah memang dari awal mengikuti kompetisi ini adalah cara awal mendekatkan diri sebagai penghuni Lab. Advance Processing Material? Dan alhamdulilah kita mendapat bonus berupa kemenangan :).

Liburan pun di mulai. Kami sempat  menyaksikan secara langsung lumpur Lapindo  di Sidoarjo .Selain itu, kami pun mendatangi Batu Night Spectaculer (BNS) saat berkunjung ke Malang. Hampir lima hari menghabiskan waktu bersama. Menyenangkan, karena  dapat menghabiskan (menuju) akhir tahun 2011 bersama teman-teman yang nantinya akan berjuang bersama untuk menghadapi pertempuran Tugas Akhir. Terima kasih atas liburan yang menyenangkan ini :D


Mari kawan, berjuang bersama untuk mempersembahkan hadiah terbaik untuk orang tua masing-masing, yaitu kelulusan sarjana :).Semoga jalan menuju kelulusan sarjana ini selalu dimudahkan :)

Tuesday, 13 December 2011

oh, blog :)


Memang ada kalanya kita menulis di blog karena ingin berbagi cerita kepada orang lain, bisa tentang apa yang kita pikirkan, apa yang ingin kita ketahui, apa yang ingin kita kerjakan, apa yang kita sudah lakukan, atau apapun itu. Menurut sebagian orang, bercerita lewat blog lebih nyaman dibanding bercerita secara langsung. Saya suka menulis di blog,  tapi sebenarnya saya lebih menyukai untuk dapat membagikan tentang semua itu secara langsung bukan melalui tulisan. Kenapa? karena respon dari pendengar dapat diketahui  secara langsung. hehe..

Namun,terkadang saya juga menuliskan sesuatu yang sudah saya sampaikan kepada teman atau keluarga. Hmm,, kenapa? Sebagai dokumentasi saja lah,, untuk dapat dikenang di suatu saat nanti :D
 

Friday, 9 December 2011

343

343 merupakan hasil pangkat tiga dari angka 7. 343 : Pada kombinasi angka ini, hasil penjumlahan digit pertama dengan digit kedua atau digit kedua dengan digit terakhir memberikan hasil yang sama yaitu 7. Apa istimewanya angka  343? Karena 343 adalah tiga digit terakhir dari NIM TPB saya dan saya baru menyadari bahwa hari ke-343 pada tahun non-kabisat di sistem kalender Grogerian adalah hari ini, 9 Desember. :)

#Reh na ngawitan dinteun ieu, yuswa abdi nambih. Mugia tiasa dipaparin kabagjaan sareung tiasa maparin kabagjaan kanggo sadayana nu aya di sabunderan abdi, kanggo nu teu lireh ngucapkeun do'a,siang sareng wengi. Mugia janten jalmi anu tiasa maparin kamanfaatan kanggo sadayana. Wilujeng tepang taun, Sus !! :D


Friday, 25 November 2011

Kapok Sambel Spesial

Yah, Kapok sambel. Kapok untuk tidak makan sambel karena pedas namun kemudian di lain hari memakannya lagi. Kapok sambel : istilah yang sering kita dengar untuk menyatakan sesuatu yang kita kapok tentang kejadian pada saat itu namun kita kemudian melakukannya lagi dan lagi di kesempatan lainnya. 

Selama ini, kita sering mengasosiasikan istilah ini untuk sesuatu yang bernilai negatif, misal : saya tahu kalo mengerjakan tugas deadline itu tidak baik dan mengatakan saat itu bahwa saya tidak akan deadline lagi jika mengerjakan tugas. Kenyataannya? saya mengulangi kesalahan yang sama dengan segudang alasan yang ada.

Saat merasa sakit perut karena memakan makanan pedas seperti ini  entah mengapa jadi ingin membahas mengenai kapok sambel . Hmm, hanya merasa saya ingin kapok sambel ini terjadi pada saya. Bukan kapok sambel biasa, tapi jika boleh saya memberi istilah baru, maka  saya namai dengan kapok sambel spesial ( :p ).

Saya ingin kapok sambel spesial ketika saya mengerjakan tugas dan merasa tugas itu susah sehingga saya hanya meninggalkan tugas itu sebentar dan kemudian saya akan mengerjakannya lagi. Saya ingin kapok sambel spesial ketika saya sedang semangat mengerjakan sesuatu kemudian menjadi tidak bersemangat karena ada halangan tertentu sehingga saya akan semangat lagi untuk mengerjakan hal tersebut. Saya ingin kapok sambel spesial ketika saya fokus mengerjakan sesuatu kemudian teralihkan oleh hal lain yang kurang bermanfaat sehingga saya dapat fokus kembali. 

#Hmm,, apakah saya hanya akan menerima sebatas kapok sambel atau juga dapat menikmati kapok sambel spesial ? Berharap tidak akan pernah kapok sambel dan dapat menikmati kapok sambel spesial :)

Saturday, 19 November 2011

Trio Lestari

Keren, sangat keren dan super keren. Hanya ungkapan ini yang bisa dilontarkan saat menonton video Trio Lestari saat konser di Central Park . Tiga orang penyanyi keren tampil dalam satu panggung. Tompi, Sandhy Sandoro dan Glen Fredly. Parah banget deh kerennya mereka. Jangankan bertiga, satu di antara mereka saja sudah keren apalagi kalau bertiga.Widih, sadis banget deh kerennya :D .

Sebenarnya, hari ini saya baru tahu (dari adik kelas di jurusan), kalau ketiganya membentuk sebuah trio yang bernama Trio Lestari. Sebelumnya, saya sudah pernah baca di baliho  gede gitu  (terdapat toto tiga orang penyanyi dalam ukuran besar sedang berpose ) yang menyatakan bahwa akan diadakan konser Trio Lestari di Sabuga akhir Oktober lalu. Hmm, namun karena setiap melihat baliho itu adalah malam hari, maka saya tidak ngeh kalau Trio Lestari itu adalah ya, mereka, penyanyi yang berkarakter suara khas dan lagu-lagunya saya suka :D . (saya kira Trio Lestari ini adalah trio baru yang yah,, baru mulai berkarir gitu dan mencoba konser untuk mempublikasikan albumnya :p )

Dan sayangnya, di kampus tadi, saya hanya mendonlot satu video saja konser mereka. Tadi, tidak langsung melihat video secara utuh dan baru menyadari saat menonton video mereka di kost serta menyadari ternyata masih banyak hal yang dapat dijadikan alasan untuk bersemangat yaitu menikmati  (musik) :D. #Donlod lagi  video Trio Lestari yang lain ah :)


Friday, 18 November 2011

Random

brezupen mendjemadh canso einsam drist pusty maana aurkitu nodig pataje duh smaids nagy uten litovat ou fefellit alkaa heureuse




Saturday, 12 November 2011

11-11-11 ngapain ?


 
Nge-Lab-ing , eh ?
Yup, nge-lab-ing . Itulah yang saya dan ke-empat teman lainnya lakukan di tanggal keren 11-11-11 kemarin. Nge-lab-ing? yah, nge-lab-ing.  Kata yang saya gunakan untuk merujuk pada istilah praktikum  kimia. Biar agak keren dikit :p (halah).

Walaupun kami adalah mahasiswa Teknik Fisika, bukan berarti kami lepas begitu saja dari "jaring" jebakan praktikum kimia. Kenapa? Karena kami adalah mahasiswa yang hendak masuk ke lab proses material :D . Salah satu keunikan teknik fisika adalah kita dapat belajar apapun, termasuk belajar kimia seperti ini :D

Apa yang sedang kami lakukan? Kami sedang melakukan percobaan yang hendak kami ikutsertakan dalam sebuah lomba inovasi di bidang material. Kami terbagi dalam 2 tim yang berbeda dan membuat 2  material yang berbeda pula. Percobaan ini kami mulai dari pukul 19.00 untuk mendiskusikan persiapan percobaan dan percobaannya baru dimulai satu jam kemudian.Percobaan ini pun baru berakhir pada pukul 22.30 (belum selesai dan akan dilanjutkan esok dan esoknya  lagi :) )
 
Sebenarnya alasan utama mengapa kami mengikuti lomba ini adalah ingin mendekatkan diri pada Lab proses material sebelum menjalankan TA. Maka kami pun rela dan senang hati dalam menjalankan percobaan kimia untuk lomba ini. Apakah kami ingin menang di lomba ini? Tentu saja. Namun, jika lolos nanti, mungkin anggap ini sebagai bonus dari belajar pra-TA ini hehe..


Wednesday, 2 November 2011

Kata Tak Terdengar

Mengapa begitu kelu berucap untuk sebuah sapa,,
Padahal begitu mudah merangkai kata dalam ketikan jari,,

Setitik tanya,
Sebaris semangat,
Satu alinea cerita

Segurat gumaman,
Sepatah protes,
Satu larik harapan

Hanyakah akan menjadi sebatas kata tak terdengar ?


#isengnulispuisilagi

Sunday, 30 October 2011

Rumah Sakit

Mungkin, jika ada pertanyaan : "tempat apakah yang paling tidak ingin dikunjungi" , sebagian besar orang akan menjawab rumah sakit. ya, rumah sakit. Sebagus-bagusnya tempat itu, tidak ada orang yang ingin mengunjungi tempat ini.  Tempat di mana kita berada di sana karena kita sedang berada dalam kondisi sakit  atau sedang mengunjungi orang yang sakit* . 

Ketika badan ini agak meriang karena kehujanan kemarin dan perut menolak makan nasi walaupun nasi dan lauknya ada di depan mata dan cuma dikucek-kucek sendok, tiba-tiba dapat sms dari adik kelas etoser yang mengabarkan bahwa salah seorang alumni yang juga kakak kelas etoser baru saja masuk UGD rumah sakit Boromeus. Mendadak langsung tersentak, seolah diingatkan maka tiba-tiba merasa perlu untuk memaksakan diri untuk makan. Haah,, cukup satu kali saja di rawat di rumah sakit. Cukup satu kali saja membuat khawatir orang tua dan orang-orang di sekitar saya. Jangan pernah lagi !

Ayo jaga kesehatan, Sus !! 


*kecuali kalo kita bekerja di sana atau sedang melakukan penelitian.

Thursday, 20 October 2011

LKS

Lembar Kerja Siswa atau Lembar Kegiatan Siswa , entahlah singkatan dari apa itu, hanya saja singkatan LKS begitu familiar saat saya dulu belajar saat SMA. Berisi sedikit rangkuman pelajaran tiap bab dan bertabur soal-soal latihan. Di SMA saya, untuk setiap pelajaran jarang yang memiliki buku pegangan seperti buku paket tetapi hampir setiap orang memiliki LKS. Kenapa? karena guru-guru kami akan memberikan tugas yang ada di LKS itu.

Ok, saya hanya seorang anak desa yang sedang berupaya mencari ilmu. Latihan adalah salah satu cara untuk belajar maka (karena saya tidak dapat mengakses internet) saya hanya mengandalkan soal-soal yang ada di LKS itu. LKS yang selalu menjadi favorit saya di sepanjang masa sekolah saya adalah LKS Matematika.  Bahkan, saya bisa menyelesaikan 80 % soal yang ada di LKS matematika dalam waktu 3 minggu pertama saya mendapat LKS itu (LKS dipergunakan untuk waktu satu semester). 

Apa akibat dari telah mengisi LKS (matematika) terlalu cepat ? saat Ibu/ Bapak guru matematika saya mengajar di kelas dan memberikan tugas mengerjakan soal di LKS, maka saya telah menyelesaikannya. Saya hanya duduk dan mengecek ulang. Guru saya telah tahu hal ini dan biasanya akan memberikan saya soal tambahan dari berbagai buku. Sekadar agar saya ada kegiatan di kelas Beliau. Dan entah kenapa , saya selalu senang saat mendapat "bonus" soal-soal itu.

Dan hari ini,, saya merindukan masa-masa  mengerjakan LKS matematika seperti dulu. Kangen, saat bisa "bertatapan" dengan soal dan menantang soal itu untuk dikerjakan. Kangen,saat tiba-tiba terbangun dari tidur karena menyadari cara mengerjakan soal  yang belum didapat solusinya. Kangen saat bisa memenuhi kertas oretan. Kangen,,saat bisa tersenyum setelah memecahkan soal-soal yang dianggap sulit. Kangen untuk mengerjakan semua soal yang ada seolah tak punya kata "nanti" .

#sedang berupaya membangun kembali motivasi belajar yang sedang tenggelam ( T.T ).
Hei, semangat belajar yang pernah muncul saat SMA dengan begitu berapi-api,, kembalilah.. !!!


Thursday, 6 October 2011

Di Balik Batuan itu,,


Tanpa rencana , tanpa anggaran, dan tanpa mandi  seperti dua orang linglung, saya bersama seorang teman melakukan aksi jalan-jalan di minggu pagi 02 Oktober 2011 kemarin. Jauh-jauh hari ( H-5 mungkin) kami berencana untuk lari pagi ke wilayah Dago atas, namun, rencana ini berubah saat negara api menyerang  pada H-1. Kami mengubah haluan tujuan jalan-jalan menjadi ke Pasar Mingguan di Gasibu.  Mau ngapain? Entahlah, kami hanya dua orang GJ yang sedang mencari kegiatan di minggu pagi.

Sekitar pukul 07.20 kami bertemu di Pasar Simpang dan langsung “ jalan-jalan” ( baca : jalan kaki) ke arah Gasibu sana. Tidak ada yang kami cari atau sesuatu yang akan kami beli, cuma jalan-jalan mengitari Gasibu.  Entah kekuatan apa yang kami miliki (mungkin kekuatan GJ yang luar biasa :p), sampai ga kerasa cape walau udah muterin Gasibu bahkan sampai ke daerah belakang di dekat Gedung Sate. Ujungnya, kami sampai di dekat Museum Geologi. Kami berdua belum pernah ke sana jadi iseng kami pun memutuskan untuk masuk ke dalam Museum ini.

Ada apa di museun ini? Yah, fosil-fosil dari jaman purba . Dari mulai tulang-belulang, batu-batuan, sampai maket wilayah-wilayah di Indonesia. 
fosil binatang laut purba
Bagian yang paling menarik di Museum Geologi kemarin adalah saat melihat batu kuarsa. Saya baru tahu kalo ternyata batu kuarsa seperti itu. Ya, suatu yang  berkilau tersembunyi di dalam batuan biasa. Tak ada yang tahu kalo di dalam batuan biasa seperti itu, terdapat sebuah kuarsa yang indah sekali.
batu kuarsa
Hmm, mungkin setiap orang seperti batu kuarsa. Mereka memiliki bagian dalam dirinya yang berkilau , bagus  dan keren. Tapi , tak semua orang tahu tentang itu. Hanya orang yang mau  mengamati  lebih dalam dan lebih  dekat yang mampu melihat keindahan dan keunikan itu. Namun, mungkin dia pun hanya akan menjadi biasa saja jika ia tak mau menampilkan suatu (potensi) yang ada di dirinya itu* . Haha,, entahlah.

*hanya tulisan iseng seorang sotoy :p
.

Sunday, 25 September 2011

Ketika Lelah itu Datang


Jika ada pertanyaan : Apa yang paling melelahkan dalam satu minggu ini? Maka dengan mudah saya menemukan jawabannya.  Jawaban sederhana : Tidak melakukan apapun. Hah? kenapa bisa seperti  itu?? Entahlah. Bagi saya, tidak melakukan apapun jauh lebih melelahkan dibandingkan memiliki berbagai kegiatan.
 
Tiga atau empat hari terakhir,saya terkena batuk. Lumayan parah sampai suara saya harus serak karena batuk ini. Maka akhirnya, saya pergi ke dokter dan dokter pun memberikan sejumlah obat.Obat pereda flu dan batuk, obat untuk radang tenggorokan dan tablet vitamin.

Paling menyebalkan memang meminum obat. Walaupun warna dan baunya seperti permen, tapi tetap saja itu tidak enak. Saya selalu bermasalah saat harus meminum obat. Selalu merasa kalo obat itu tersangkut di kerongkongan walaupun untuk meminum satu tablet obat saya telah meminum satu gelas penuh air.

Jika sebelum ke dokter saya hanya meminum obat yang biasa saya gunakan , sebut saja itu panadol, namun entah mengapa efek nya aneh, saya tidak bisa tidur. Nah, saat diberi obat ini, entah karena tersugesti atau apa dengan tulisan yang ada di obat kalo ini menyebabkan kantuk, maka setelah saya meminum obat ini saya jadi mengantuk. Masalahnya obat ini harus saya minum 3 kali sehari, artinya saya harus tidur sepanjang hari? Haah, yang benar saja? 

Namun,kejadian itu memang terjadi. Sebenarnya rasa kantuk itu telah datang di jumat sore, namun karena ada tugas, maka saya paksakan terjaga. dan tidur normal seperti biasa. Sabtu pagi harus mengerjakan sesuatu lagi, dan dipaksakan bangun. Dan akhirnya sejak sabtu siang sampai minggu siang saya tertidur, bangun hanya untuk shalat atau makan.Lemas saja rasanya , tidak ada tenaga. Walau memaksakan diri untuk bangun dan berkegiatan menonton film, namun itu tidak berlangsung lama, saya akan tertidur lagi.. 
hadeuh, sungguh cape seperti ini..

Tapi beruntung, sepertinya batuk saya telah reda dan saya memutuskan untuk menghentikan meminum obat itu.. Cape bet dah tidur terus. Nah, tapi kalo udah ga ngantuk jadi bingung mau ngapain lagi karena tidak ada kegiatan yang harus saya lakukan di hari minggu ini. Belajar? Ah, nanti dulu, saya masih cape hehe..  Cape karena tidak melakukan apapun :p.

*Khusnuzdon dari sakit kali ini : Allah memberikan kesempatan kepada saya untuk istirahat total :D

Wednesday, 21 September 2011

Analisis Tugas Jabatan


Widih, berasa bukan anak teknik klo ngomongin masalah manajemen :p. Ya, analisis tugas jabatan , merupakan salah satu materi yang diajarkan di mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia yang saya ambil semester ini. Udah berasa kuliah umum aja kalo ikut di kelas ini. Kenapa? Bayangin aja, satu ruangan isinya lebih dari 200 orang. Padahal ibu Dosen udah “nakut-nakutin” supaya ga ikut mata kuliah ini. Tapi tetep aja jumlah peserta kuliah tidak berkurang bahkan bertambah pasca masa PRS.

Saya adalah satu-satunya mahasiswa dari jurusan Teknik Fisika yang ambil MSDM di kelas 02 ini. Maka agak bingung pas diminta wat bikin kelompok . Hmm, tapi setelah melirik ke sana-sini akhirnya menemukan satu teman yang pernah ketemu (walaupun sempet lupa namanya dan berhasil ingat setelah membuka phonebook :p ). Maka akhirnya, saya pun meminta bergabung dengan kelompok yang telah mereka bentuk yaitu 4 orang dari jurusan Kimia. Setelah “mengajak” satu orang yang lain hasil SKSD maka lengkap sudah satu kelompok yang terdiri dari 6 orang :D .

Tugas minggu pertama ini, setiap kelompok diminta untuk mewawancarai salah satu orang yang memegang suatu jabatan struktural di suatu perusahaan atau institusi atau lembaga. Hal yang diwawancarai bekisar antara tugas apa saja yang dilakukan, waktu pengerjaan, tempat pengerjaan. Pokoknya segala hal detail yang berkaitan dengan tugas yang dijalankan. Bahkan, kita harus menanyakan bagaimana kondisi, fasilitas dan berapa kapasitas ruangan yang digunakan. Kata Ibu dosen, data ini akan dipergunakan untuk menganalisis tugas dan kinerja seseorang.
 
Hmm,, mari belajar manajemen !! :D

Monday, 5 September 2011

Wisata Kuliner Edisi September

Yeah, akhirnya kesampaian juga wat memakan sesuatu yang sudah dinanti sekian lama (#pret ). Dengan berbekal informasi yang didapat dari Mbah Google dan segenggam kenekatan ke tempat yang belum diketahui (padahal cuma di sekitar Dago aja) serta  kerelaan hati seorang mamang ojeg (:#pis ah :p) ,akhirnya hari ini berkesempatan wat mencicipi makanan ini :D. Jenis makanan apakah gerangan? 
Hmm.. Tarrrrrrrrrrraaaaaa.... :)
 
"Gorengan" #1

"Gorengan" #2
Yup, "gorengan" . Ini bukan sembarangan gorengan lho,, karena ini adalah gorengan spesial. Kenapa spesial? ? karena ini pake telor (#halah :) ) .Tapi percayalah,,ini memang gorengan :D

Baiklah..baiklah.. ini adalah salah satu inovasi makanan yang ada di kota Bandung (kota lain juga ada sih :p ),, namanya adalah es krim goreng. Yah, es krim goreng. Makanan yang notabenenya dingin ternyata bisa juga dibuat variasi lainnya dengan menggunakan sesuatu yang berkebalikan dengan sifat dasarnya , yaitu : panas -> digoreng.
 
Bagaimana rasanya?? Enak tentu saja :D . Dari sisi penyajian agak beda dengan ekspetasi saya sih sebenarnya (dibaca dengan gaya seorang chef yang sedang menilai peserta acara masak #efekseringnontonmasterchef :) ). Awalnya saya kira es krim goreng ini bakal disajikan "ngebul" gitu hehe..
Ngebul akibat kulitnya yg baru digoreng dalam suhu tinggi,, tapi tetep dingin dalemnya.. Atau mungkin karena dinginnya es krim jadi mengalahkan panasnya kulit yang ada sehingga panasnya terdistribusi merata (halah, berasa nulis tugas kuliah transfer kalor dan massa :p )..

Demikian, saya melaporkan kegiatan wisata kuliner edisi September. Selamat menunggu laporan wisata kuliner lainnya di waktu mendatang :D .

#TKP : Puri Tomat, Jl. Ir. Djuanda no. 420



Wednesday, 31 August 2011

Pertama,,

Pertama :D.. Bukan, ini bukan tulisan pertama saya di blog ini. Pertama, ketika segala hal dikaitkan dengan kata ini maka semuanya akan menjadi hal yang menarik.Menarik untuk dinantikan, menarik untuk dijalani, dan menarik untuk diceritakan :).

Tahun ini, 2011, banyak hal pertama yang saya alami. Dan seperti saya bilang sebelumnya, hal pertama memang akan menjadi sesuatu hal yang menarik untuk diceritakan. Jadi mari menyimak cerita saya :D #berasa penting :p

1. Pertama pergi ke luar P. Jawa
Setelah lebih dari 21 tahun hanya berkutat dengan Pulau Jawa (dan itu pun hanya di beberapa kota yang jumlahnya masih bisa dihitung jari :p ), akhirnya pada pertengahan tahun ini saya berkesempatan untuk menginjakan kaki di Pulau Sumatra. Tepatnya, saya pergi ke Provinsi Riau dengan 3 kota yang saya kunjungi : Pekanbaru, Rumbai, dan Duri ( serta Minas yang hanya numpang lewat hehe.. ).

2. Pertama naik pesawat terbang
Nah, ini adalah efek dari saya harus pergi ke Riau sana :D . Yup, saya naik pesawat terbang. Hanya dengan waktu 1 jam 40 menit, Jakarta- Pekanbaru pun dapat dilalui begitu saja. Begitu menyenangkan bisa dapat melihat awan-awan itu mengambang dan bergerak. Melihat selat Sunda dan perahu-perahu bergerak seperti semut. Pulau-pulau kecil yang tercecer namun berpenghuni. Mengamati dari atas dan merasakan seolah sedang melihat peta. Keren pisan lah :D

3. Pertama lebaran Idul Fitri tidak bersama keluarga
Yah, lebaran hari ini saya tidak dapat berkumpul bersama keluarga. Pergi jauh dan tidak dapat pulang?Tidak juga, saya lebaran hanya di Bandung saja. namun ada suatu kewajiban yang saya tunaikan sehingga saya tidak dapat pulang. Sedih?! Hmm, entahlah. Sedikit rasa itu mungkin ada. Namun, melihat salah satu teman menangis di depan saya mengingat keluarganya, membuat saya memantapkan hati untuk tidak melakukannya juga. dan alhamdulilah, saya bisa melakukannya ternyata :D . Tak setetes air mata pun tampak di malam takbiran kemarin atau hari ini :). 

4. Pertama kalinya merasa dewasa di depan orang tua saya
Dewasa?! hehe.. bahasanya asa gimana gitu :p, tapi memang begitu keadaannya. Untuk pertama kalinya saya dapat berbicara terbuka kepada orang tua saya. Menceritakan apa yang saya alami, apa yang saya rasakan, dan apa yang akan saya lakukan. Tanpa rasa ragu, malu ataupun takut. :) Lega rasanya bisa melakukan ini :D

Wah, ternyata hal pertama memang menarik, jadi tertarik untuk melakukan hal pertama-hal pertama lainnya :)
#target selanjutnya : Tahun ini bisa pergi ke Yogja wat jalan-jalan :D . Mari persiapkan diri dengan sebaik-baiknya agar rencana ini dapat terealisasi dengan sempurna dan selamat :D



Thursday, 25 August 2011

Untukmu

Cinta ini masih sama seperti dulu,,
sama seperti hari kemarin, sebulan yang lalu atau setahun yang lalu

bukan tidak ingin mengutarakan langsung, namun
sedang mempersiapkan diri
agar mampu mempersembahkannya dengan sempurna

Ketika orang lain mempertanyakan cinta ini
dan memaksamu untuk ikut meragukannya
berusahalah sekuat mungkin untuk mengabaikan

yakinkan hatimu bahwa saya tetaplah saya
yang selalu mencintaimu
kapanpun dan di manapun saya berada


Percayalah,,
ketidakhadiran saya tidak merepresentasikan berkurangnya cinta ini
sebaliknya, ini semakin meyakinkan diri saya
bahwa saya benar-benar mencintaimu


#didedikasikan untuk kedua orang tua saya



Wednesday, 17 August 2011

Pemanasan Global, Karbon dioksida, Telor atau Anak Ayam


Matahari memancarkan sinar dan radiasi sinar ini akan mencapai ke atmosfer bumi. Saat mencapai atmosfer bumi, sinar matahari ada yang dipantulkan kembali ke luar angkasa dalam bentuk infra merah dan ada pula yang diteruskan ke permukaan bumi. Bumi akan menjadi hangat karena menerima sinar matahari ini. Namun, bumi akan memantulkan kembali sinar tersebut ke atmosfer. Bumi dapat tetap hangat karena atmosfer mampu mengisolasi panas tersebut dengan adanya gas rumah kaca.

Gas rumah kaca dapat dihasilkan secara alami dari berbagai kegiatan yang terjadi di bumi seperti dari letusan gunung dan pernapasan. Selain itu, aktivitas  manusia pun dapat menambah kadar gas rumah kaca di atmosfer. Gas yang dikategorikan sebagai gas rumah kaca di antaranya karbon dioksida, metana, dan nitrogen monoksida.

Apabila jumlah gas rumah kaca di atmosfer ( misalnya ) melebihi jumlah seharusnya maka akan menyebabkan proses pengisolasian sinar matahari menjadi meningkat dan mengakibatkan pemanasan global. Pemanasan global adalah suatu kondisi di mana suhu rata-rata bumi mengalami peningkatan. Hal ini seolah mengatakan bahwa pemanasan global diakibatkan oleh peningkatan karbon dioksida. Namun apakah benar seperti itu?

Sejumlah ilmuwan menemukan bahwa perubahan suhu bumi ternyata disebabkan oleh peningkatan aktivitas badai matahari, peningkatan aktivitas gunung api bawah laut, dan sistem arus laut yang kompleks. Hal ini diperkuat oleh temuan National Aeronautics and Space Administration (NASA) baru-baru ini bahwa perubahan suhu bumi dalam beberapa dekade ini ternyata diakibatkan oleh peningkatan aktivitas badai matahari.

Pada tahun 2005, sebuah studi oleh Journal  Science menemukan sebuah fakta yang sangat menarik . Journal science mengatakan  bahwa pemanasan global yang telah memicu meningkatnya  karbon dioksida di atmosfer.

Jumlah karbon dioksida yang terlarut di samudera adalah 50 kali lebih banyak dibandingkan yang ada di atmosfer. Samudera berperan dalam menyerap sepertiga emisi  karbon dioksida yang dihasilkan manusia.Saat temperatur air meningkat, kelarutan karbon dioksida di samudera akan menurun karena  karbon dioksida akan dilepaskan dari air samudera ke atmosfer.

Pertanyaannya sekarang adalah apa yang mempengaruhi apa. Karbon dioksida yang menyebabkan pemanasan global atau pemanasan global yang memicu peningkatan karbon dioksida.Jawaban atas pertanyaan ini masih menjadi kajian dan perdebatan  para ilmuwan. Semoga saja kita dapat mencari tahu fakta yang sebenarnya dan perdebatan ini tidak berakhir seperti teka-teki sederhana namun sulit untuk mendapat jawaban : mana yang lebih dahulu, ayam atau telur? 

Inspirasi hari ini :)

Orang berilmu dan beradab tidak akan diam di kampung halaman
Tinggalkan negerimu dan merantaulah ke negeri orang
Merantaulah, kau akan dapatkan pengganti dari kerabat dan kawan
Berlelah-lelahlah, manisnya hidup terasa setelah lelah berjuang

Aku melihat air menjadi rusak karena diam tertahan
Jika mengalir menjadi jernih, jika tidak, kan keruh menggenang

Singa jika tak tinggalkan sarang tak akan dapat mangsa
Anak panah jika tinggalkan busur tak akan kena sasaran
 
Jika matahari di orbitnya tidak bergerak dan terus diam
Tentu manusia bosan padanya dan enggan memandang

Bijih emas bagaikan tanah biasa sebelum digali dari tambang
Kayu gaharu tak ubahnya seperti kayu biasa jika di dalam hutan.

---Kata mutiara dari Imam Syafi'i dan tertulis di halaman awal buku karya A. Fuadi : Negeri 5 Menara---



Tuesday, 9 August 2011

Ambil Ancang-ancang dan lari ,,

Yup, entah kenapa kata-kata itu melintas begitu saja malam ini. Bukan lari dari kenyataan kok, :p
Lari. Berlari untuk mencapai cita-cita itu, cita-cita yang sempat satu semester agak meredup, namun sekarang sepertinya saya sudah mantap. Bismillah :)

Merasa perlu menebus kemalasan di semester lalu dengan sebuah aksi real. Merasa perlu bebenah diri dan berstrategi ulang untuk mencapai mimpi itu. Semoga dilancarkan. Amin.

Ayo, sus! 2014 sudah datang menghampiri dengan begitu cepatnya. persiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk menghadapinya.

#sepertinya efek KP ini keren juga ,, konsisten untuk berlari, sus :D !!

Thursday, 4 August 2011

Ramadhan di tanah rantau

Samakah Ramadhan 1432H dengan ramadhan tahun-tahun lalu? Tidak, sama saja. Ramadhan ini saya lewati sama seperti tahun-tahun sebelumnya, di tanah rantau. Bedanya, jarak tanah rantau di ramadhan ini sangat jauh dari biasanya. Yah, saya ramadhan di pulau seberang, pulau yang dulu saya hanya dengarkan lewat nyanyian Darso saat Bapak memutarkan lagu kesukaannya. Pulau Sumatera.

Ramadhan di sini memiliki waktu shaum yang sedikit berbeda dari Bandung atau Garut. Ketika adik saya riweuh memamerkan puasa pertamanya saat di telpon, saya masih harus menunggu sekitar 30 menit untuk berbuka. Tapi, sahur di sini lebih siang. Saya bisa sahur jam setengah lima pagi di sini dan pamer ke adik saya :p

Ini adalah ramadhan pertama saya di tanah rantau sebenarnya,, kenapa? Ya, karena jaraknya memang jauh dari kampung halaman :p

Tahun depan masihkah saya diberi kesempatan bertemu dengan Ramadhan? Jika ya, di manakah saya akan bertemu dengan ramadhan 1433H ? :D

Wednesday, 27 July 2011

Agar Shaum Tetap Produktif

Shaum, bukan berarti kita boleh males-malesan. Kita harus tetap bersemangat dalam mengarungi hari (alah  bahasana :p ). Dengan shaum, kita mendapatkan banyak manfaat. Selain manfaat rohani juga jasmani. Pada saat kita shaum, kita secara otomatis sedang mengontrol : dislipidemia, diabetes melitus, resiko jantung koroner dan berat badan. 

Pada dasarnya, tidak ada yang berubah dengan konten makanan yang kita terima hanya saja polanya yang diubah.
hari biasa : makan pagi, makan siang, makan malam
saat shaum : sahur, berbuka, makan setelah shalat tarawih

Seperti judul tulisan ini, agar saat kita shaum kita tetap produktif maka ada beberapa tips :

1. Tips saat sahur
a. makan makanan yang dapat menyimpan energi dalam jangka waktu lama,
b. perbanyak makan sayur dan buah yang berserat
c. tidak minum teh atau kopi karena bisa menyebabkan diuretik alias pipis terus.
Kenapa diuretik bahaya? karena pada saat kita shaum, tidak ada asupan makanan dan minuman, jika kita mengalami diuretik , maka justru kita akan menyebabkan cairan tubuh kita keluar.
d. minum air hangat yang ditambahkan kurang lebih 3 sendok perasan jeruk nipis
Hal ini dimaksudkan untuk menjaga pH darah . Walaupun jeruk nipis rasanya  asam tapi sebenarnya jeruk nipis bersifat basa sehingga membantu darah berada di pH idealnya yaitu 7.3 s.d. 7.5

2. Tips saat berbuka
-Hindari makan gorengan,
-hindari minuman dingin,
-jangan langsung makan makanan berat.
Catatan: Rasul itu menyontohkan berbuka dengan kurma, tapi sekarang malah diidentikan dengan makanan manis. Sebenarnya, kita dianjurkan untuk tidak memakan makanan manis . Makanlah makanan yang mengandung gula paling sederhana agar cepat diserap tubuh dan badan kita langsung bertenaga. Contohnya makan buah-buahan :)

3. Tips lainnya
Tetaplah berolahraga. Tapi jangan olahraga berat, cukup olahraga ringan seperti jalan kaki atau lari-lari kecil .
#Cukup beristirahat . bukan istrirahat saat siang hari alias tidur siang melainkan tidur malam.
#Cukup asupan cairan, minimal 2000 cc. cairan tidak tok harus air putih tapi bisa juga buah dan sayur yang banyak mengandung air :)

Sumber : Dokter dan Ahli Gizi dari Medical Chevron, Duri, Riau saat memberikan seminar HES di ruang meeting gedung IT-Tower, Chevron ( 26 Juli 2011)

Sunday, 17 July 2011

Riau, I'm in KP

Selama satu bulan ini ( tgl 12 Juli s.d. 12 Agustus 2011), saya mendapat kesempatan kuliah praktik a.k.a KP di Duri, Riau. Saya KP bersama satu orang teman seangkatan dari satu jurusan yang sama, Teknik Fisika. Sebenarnya di sini ada 5 orang mahasiswa Teknik Fisika, tapi beda program. Mereka di sini bukan tuk KP melainkan mengikuti program internship atau semacam proses perekrutan pekerja baru.

Ini pertama kalinya saya terbebas dari kungkungan pulau Jawa  (lebay :p ) dan menginjakkan kaki di pulau yang berbeda, pulau Sumatera. Pulau di mana kata "punteun" tidak berlaku --> ya iya lah da ga da yang ngerti itu artinya apa hehe..Dan ini pun adalah pertama kalinya saya naik pesawat terbang. Suatu pengalaman di mana saya dapat menyaksikan awan  benar-benar mengambang di atas langit :).  Awan yang biasanya kita lihat menggantung itu ternyata benar-benar indah  dilihat dari atas pesawat.

Gambar di atas adalah langit Riau pada  hari ini yang diambil saat lari pagi. Lari pagi dalam rangka mengisi waktu di hari minggu pertama di tanah rantau :).

Hidup di kawasan perusahaan yang saya KP-in ini berasa hidup di negara dalam negara. Kenapa? karena di sini ada aturan sendiri dan yang penting aturan itu dipatuhi oleh semua warga yang ada. Di sini, keselamatan kerja menjadi prioritas ( ada motto : kerjakan dengan selamat atau tidak dikerjakan sama sekali --mantap kan ? :) ). Contoh kecilnya saja taxi. Taxi tidak akan jalan jika sang penumpang  (baik duduk di samping kemudi maupun di kursi belakang) belum memakai sabuk pengaman. Bandingkan kalo di luar sana, kita pake sabuk pengaman kalo pak polisi sedang riweuh-riweuh ngadain tilang. Padahal kan sebenarnya itu demi keselamatan kita juga.

Selain itu, semua fasilitas ada di sini. Dari mulai urusan makan, pendidikan, olah raga, sampai  hiburan pun ada di sini. Jadi, seolah perusahaan ini membuat sebuah kota untuk para penghuninya. Ga usah kemana-mana. Tinggal menikmati saja :).

Oh, ya sudahlah. Intinya mah saya sebulan ini mau KP.. :) . Mari belajar, belajar akademik dan belajar non-akademik :D

#cerita KP saya dapat dibaca di sini 








Tuesday, 12 July 2011

Wanita :)

Berangkat menuju tempat KP, dari asrama dijemput travel jam 01.00 dini hari dan berangkat dari Bandung 02.00. awalnya berniat untuk tidur (lagi) selama perjalanan karena merasa perlu tidur setelah sebelumnya hanya tidur 2 setengah jam. Namun, ternyata di mobil saya bertemu dengan salah satu wanita calon dokter yang ga jaim,, hihi..kenapa saya bilang kayak gitu? karena biasanya sosok calon dokter yang saya bayangkan adalah kayak gitu :p (sotoy). ternyata oh ternyata,, selain dia ga jaim dia juga senang bercerita . di atas langit masih ada langit.. di antara yang cerewet masih ada yang lebih cerewet :p

Ini nih uniknya cewek, walaupun baru ketemu tapi udah berasa kayak  temen lama yang udah ga ketemu beberapa tahun dan ingin menumpahkan semua cerita (lebay ). Cerita ngaler-ngidul bekisar antara dunia calon dokter dan calon enginer (cie :) ), antara kampus saya dan kampus dia pun mengisi setiap waktu selama perjalanan. Mobil itu hanya berisi 2 cewek tapi mungkin menurut  penumpang lain udah berasa ada cewek satu RT haha.. Namun, perjalanan ini singkat, (yup bayangkan saja Bandung- Bandara Soekarno Hatta ditempuh hanya dalam kurun waktu 2 jam saja. maka saya telah tiba di bandara pukul 04.00 atau 3 jam lebih awal dari keberangkatan -- ini kalo ga delay ) dan cerita kami berdua pun berakhir di sini hehe.... 

Walaupun begitu, ada satu hal lain yang unik dari yang namanya cewek  yaitu  rahasia. Ini kebalikan dari yang tadi. Bisa saja kamu sangat dekat dengan seorang teman namun dia merahasiakan sesuatu darimu. Percayalah, kalo setiap orang termasuk cewek, pasti punya rahasia yang hanya diketahui oleh orang-orang tertentu saja. Saat seseorang  merahasiakan sesuatu bukan berarti mereka tidak memercayaimu tapi karena dia tidak ingin kamu tahu (saat itu --> mungkin saat yang tepat kamu akan tahu). Kenapa begitu? karena ini rahasia :)

Terkadang rahasia itu ga penting-penting banget tapi bukan kah Vermouth pernah bilang kalo " A Secret Makes A Woman Woman " :)

Sunday, 10 July 2011

Papercraft



Papercraft adalah sebuah kerajinan yang menggunakan media kertas. Kertasnya itu udah ada potongan-potongan gambar tertentu yang kalo disatuin bisa menjadi bentuk-bentuk tertentu sesuai dengan gambar yang dibikin. Bisa aja jadi boneka , karakter animasi, kartun , atau bisa juga kayak gambar di atas : miniatur sebuah toko atau komedi putar.

Hadeuh, pas liat ni papercraft jadi pengen bikin. tapi apa jadinya yak klo saya yg bikin?? :p
Kapan-kapan boleh nih menjajal ilmu kesabaran :)

Tuesday, 5 July 2011

4 Asrama , 5 Pendamping dan 6 Ke-anomali-an

Hawa-hawa pindahan sudah mulai kerasa di minggu ini. Alasannya cuma satu : jatah masa tinggal di asrama sudah limit mendekati nol dan saya telah menemukan kost-an baru . Tidak tahu harus senang atau sedih, lega atau mumet, dan berbagai perasaan lain yang berkecamuk dan mendadak berseliweran , tapi satu hal yang saya tahu : saya ingin nulis hehe..Menulis di waktu seharusnya saya beres-beres dan merapikan kamar yang wujudnya sudah diragukan sebagai suatu tempat tinggal (alah naon deuih :p ).

Selama sejarah per-etos-bandung-an, etoser akhawat 2008 tercatat sebagai angkatan yang paling sering pindah asrama, yaitu 4 asrama dengan 5 orang pendamping yang silih berganti mewarnai kehidupan kami :)

1. Tubagus Ismail Dalam gang 1 no.6
Asrama ini awalnya hanya dihuni oleh 4 orang, namun tiba-tiba ditambah oleh 5 penghuni baru : etoser akhawat Bandung 2008.Maka dapat dibayangkan, alangkah penuh sesaknya asrama ini .
Asrama ini menjadi saksi keluguan saya dan teman-teman 2008 dalam mengisi masa awal perkuliahan. Masa di mana saya dan teman satu fakultas berangkat ke kampus pukul 06.00 untuk kuliah jam 07.00 padahal jarak asrama-kampus hanya 15 menit saja. Itu artinya jam 06.15 kami sudah ada di kampus, dan anehnya kelas telah ramai juga.hehe.. kalo tidak salah ingat, mereka adalah mahasiswa yang rumahnya di sekitar Cimahi atau Padalarang sana.
Dua orang pendamping tercatat mengisi asrama ini : Teh Cegi Farmasi '04 dan Teh Riza Unpad '03

2. Bangbayang no 148/157 c
Hal pertama yang saya lakukan setelah pindah ke asrama ini : nangis. Kenapa? karena saya adalah orang yang patut dipersalahkan untuk mendapatkan asrama yang jaraknya begitu jauh dari kampus dan dengan akses yang sulit untuk mendapat pendukung perkuliahan seperti jasa warnet atau fotocopy. Tak ada yang menyalahkan, tapi entah mengapa rasa bersalah itu muncul begitu saja.
Hal yang paling menyenangkan dari asrama ini adalah karena lingkungannya yang begitu ramah dan warga sangat antusias dalam menerima program yang kami laksanakan.
Di asrama ini, Teh Tami Agribisnis Unpad '03 mendapat kesempatan untuk mendampingi kami.

3. Cisitu Baru no. 29
Di asrama ini mulai sibuk ngajar demi mencari maisah sampai pulang paling akhir dan pergi paling awal di keesokan harinya. Ditambah dengan menghuni kamar paling pojok di lantai 2 menjadikan saya menjadi manusia ansos dari penghuni asrama lain. Bagaimana tidak, saya hanya bertatap muka saat halaqah saja. Jika ada yang tidak halaqah maka pupuslah kesempatan dia untuk bertemu dengan saya #berasa penting :p
Teh Iin Teknik Kimia '05 menjadi pendamping menggantikan Teh Tami yang ikut juga sempat tinggal di asrama ini.

4. Cisitu Baru no 39
Hanya bergeser 5 rumah dari asrama lama, akhirnya kami pindah ke asrama ini. Asrama yang menjadi akhir dari cerita perasramaan angkatan 2008.
Jika saat bulan Juni 2011 ada acara " penghuni (asrama) terakhir " maka saya dan Teh Hana Mikrobiologi '06 (pendamping ) akan menjadi kandidat pemenang. hehe..

Saat pertengahan Agustus (nanti) datang menyapa, maka kehidupan dan status baru sebagai anak kost-an pun dimulai. Semoga dengan pemandangan dari kost-an baru adalah gedung sabuga, saya lebih semangat dalam belajar. Belajar di kampus dan belajar di kehidupan :D

#jika pembaca mencari mana keanomalian di cerita ini?
hehe.. maaf judulnya agak maksa dikit. Ceritanya pengen nyaingin salah satu judul film : 3 hati, 2 dunia ,1 cinta :p (padahal belum nonton ni film)

Thursday, 30 June 2011

Satu Bait tentang "Karena"

Bermonolog dalam sepi  
bercerita kepada  keheningan 
tentang rangkaian kata di ruang imaji
yang  terkungkung ekspresi
dan terbatas  angan
tak kunjung usai
walau ingin diakhiri
karena  terhadang  ketakutan
yang sungkan tuk dihadapi


Wednesday, 29 June 2011

Tanaman yang Konsisten

Perbincangan hari ini saat membeli pecel 

Ibu Penjual : " Pake semua lalaban, Neng ?? "
Pembeli     : "Ga, Bu. Jangan pake kacang panjang "
Ibu Penjual: "Kan udah ibu potongin, udah jadi kacang pendek sekarang  mah " (sambil tersenyum)
Pembeli    : " he..."



tapi sayangnya, tanaman ini konsisten  :D

Sunday, 19 June 2011

Games Galau :p

Masih ada tuntutan kewajiban mengerjakan program dari beastudi selama liburan kuliah? Keinginan untuk pulang kampung begitu besar? Hmm, tak masalah sepertinya selama proses pengerjaan program dijalankan dengan menyenangkan :) . Hal inilah yang dilakukan oleh sebagian besar penerima beastudi Etos Bandung di liburan panjang semester ini.  Sungguh, kegiatan menjalankan program secara  bersama seperti ini dapat meningkatkan kekeluargaan di antara kami.

Berbagai pertemuan persiapan program  dilakukan dengan santai diselingi canda namun tetap produktif walau berdampak pada durasi pertemuan yang lebih panjang, he..he. Tak apa, toh  ini adalah masa liburan. Tak ada tuntutan mengerjakan tugas kampus seperti biasa. Bahkan saking tak ada kerjaan,candaan itu berlanjut setelah rapat. Semua duduk di tempat dan mulai mengeluarkan games aneh,games yang katanya mereka dapatkan saat inkm, pramuka atau saat mereka dikader menjadi pengurus OSIS SMA.
  
Maka ajang bully pun terjadi. Tak pandang gender, tak pandang angkatan, dan tak pandang jabatan.Semua orang kena. Bahkan korordinator Wilayah pun ikut menjadi korban :p. Korban yang dimaksud di sini adalah yang masih belum dapat mengetahui trik untuk menyelesaikan games padahal katanya ini hanya games sederhana saja. Tidak ada hukuman fisik, hanya ada satu hukuman. Merasa malu :p

Games apa memangnya? Entahlah saya tak mengerti apa itu dan entah ada berapa banyak games yang mereka miliki. Selesai dengan satu game, muncul game lain. Games ini sangat menyenangkan apabila kita berada di pihak yang menyadari triknya dan dapat membully yang belum mendapatkan setitik  pencerahan. Akan tetapi akan sangat mengesalkan apabila games ini dianggap sangat gampang oleh yang lain tapi kita tak mampu memecahkan dan kita menjadi korban bully T.T .

Salah satu games yang belum saya pecahkan adalah games  “seribu itu gratis, gratis itu seribu” . Seseorang menyebutkan satu nama atau barang dan kemudian teman yang lain menebak harga nya. 
Misal
Susi = gratis ,
kiki= gratis ,
Hana = dua ribu ,
Pergi ke dokter = gratis,
Pergi ke dokter bareng saya = tiga ribu,

Sempat menyimpulkan bahwa trik di balik games ini berhubungan dengan vokal dalam kata. Namun, entah mengapa ketika saya hendak mencapai titik cerah, kesimpulan itu dengan mudah mereka  runtuhkan. T.T

Hadeuh,, apa ya trik games ini?? 
Games ini sebenarnya games saat sedang galau atau games yang bisa bikin galau yah ? :p