sunset

sunset

Wednesday 21 September 2011

Analisis Tugas Jabatan


Widih, berasa bukan anak teknik klo ngomongin masalah manajemen :p. Ya, analisis tugas jabatan , merupakan salah satu materi yang diajarkan di mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia yang saya ambil semester ini. Udah berasa kuliah umum aja kalo ikut di kelas ini. Kenapa? Bayangin aja, satu ruangan isinya lebih dari 200 orang. Padahal ibu Dosen udah “nakut-nakutin” supaya ga ikut mata kuliah ini. Tapi tetep aja jumlah peserta kuliah tidak berkurang bahkan bertambah pasca masa PRS.

Saya adalah satu-satunya mahasiswa dari jurusan Teknik Fisika yang ambil MSDM di kelas 02 ini. Maka agak bingung pas diminta wat bikin kelompok . Hmm, tapi setelah melirik ke sana-sini akhirnya menemukan satu teman yang pernah ketemu (walaupun sempet lupa namanya dan berhasil ingat setelah membuka phonebook :p ). Maka akhirnya, saya pun meminta bergabung dengan kelompok yang telah mereka bentuk yaitu 4 orang dari jurusan Kimia. Setelah “mengajak” satu orang yang lain hasil SKSD maka lengkap sudah satu kelompok yang terdiri dari 6 orang :D .

Tugas minggu pertama ini, setiap kelompok diminta untuk mewawancarai salah satu orang yang memegang suatu jabatan struktural di suatu perusahaan atau institusi atau lembaga. Hal yang diwawancarai bekisar antara tugas apa saja yang dilakukan, waktu pengerjaan, tempat pengerjaan. Pokoknya segala hal detail yang berkaitan dengan tugas yang dijalankan. Bahkan, kita harus menanyakan bagaimana kondisi, fasilitas dan berapa kapasitas ruangan yang digunakan. Kata Ibu dosen, data ini akan dipergunakan untuk menganalisis tugas dan kinerja seseorang.
 
Hmm,, mari belajar manajemen !! :D

No comments:

Post a Comment