sunset

sunset

Thursday 6 September 2012

Jakarta Tempo Doeloe

Kalo Bandung punya Braga, maka Jakarta punya kawasan Kota Tua untuk melihat dan menikmati suasana Indonesia Tempo Doeloe. Bangunan-bangunan sisa masa penjajahan Belanda (mungkin) yang banyak berdiri di kawasan ini. Saat ini, kebanyakan di antara bangunan-bangunan tersebut dijadikan sebagai Gedung Museum. Dua di antaranya adalah museum Fatahillah dan Museum Wayang
Museum Fatahillah
Museum Wayang

Jika tertarik untuk merasakan bagaimana menjadi None-None atau juga Kompeni Belanda saat jaman penjajahan, kita dapat menyewa sepeda di sini. Kenapa saya mengatakan merasakan menjadi None atau kompeni dengan naik sepeda di kawasan ini? Karena selain suasana dan bangunan di sini sisa peninggalan jaman Belanda, kita juga dapat mengenakan topi khas None dan Kompeni :) .
Sepeda Kompeni :p
Seperti yang kita tahu, bahwa Jakarta Tempo Doeloe dikenal dengan nama Batavia, dan mungkin tempat makan di sini mencerminkan juga bagaimana tempat makan di Jakarta saat dahulu masih bernama Batavia. Seperti apa yah makanan yang dijajakan di sini?
Untuk kunjungan kali ini, seperti kebiasaan saya : ngedadak dan tana persiapan sehingga memang tidak mempersiapkan diri untuk jalan-jalan. Jadi sepertinya akan sangat menarik jika berkunjung ke sini lagi suatu saat bersama keluarga atau teman. Sepertinya seru naik sepeda tandem ala None dan Abang Kompeni sambil menikmati Jakarta Tempo Doeloe :) 




No comments:

Post a Comment