sunset

sunset

Wednesday 27 January 2016

How Aurora Formed (Animation)

Pernah denger tentang Aurora? Aurora kalo kata Bang Wikie adalah fenomena alam yang menyerupai pancara cahaya yang menyala-nyala dari sebuah planet sebagai adanya interaksi antara medan magnet yang dimililki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan matahari. Tampilan aurora itu kayak gini: 

Nah, hari ini saya nemu di 9gag seseorang mengupload sebuah video tentang animasi bagaimana aurora itu terbentuk. Ini dia nih animasinya. 

Terus pas baca-baca komennya ada yang nambah penjelasan gitu. Seperti Hermes_conrad menulis : kalo video itu ditulis dalam kata-kata maka aurora borealis itu terbentuk ketika partikel bermuatan diemisikan dari matahari saat solar flare (api matahari) penetrasi ke tameng magnetik bumi dan bertubrukan dengan atom dan molekul di atmosfer. Tubrukan ini akan menghasilkan jutaan kilatan cahaya kecil yang disebut foton dan membentuk aurora.

Terus akun mathieuN menulis bahwa sebenarnya animasi di atas kurang akurat untuk menjelaskan tentang bagaimana aurora terbentuk. Pada dasarnya garis medan elektromagnetik (yang berwarna biru) itu tidak pernah putus atau hancur. Partikel diemisikan oleh angin matahari (garis kuning) diarahkan oleh gelombang elektromagnetik ke kutub dan di kutub terjadi tubrukan dengan atmosfer. Partikel bermuatan (dari matahari) mengeksitasi partikel di atmosfer dan ketika partikel atmosfer kembali ke state awal maka dia akan merelease energy dalam bentuk cahaya. Animasi yang keren btw, tambahnya

Yeay, akhirnya ada guna juga mantengin 9gag haha. Ini berarti kalo ngacu ke pernyataan mathieuN, proses terjadinya aurora ini mirip kayak terjadinya XRF cuma beda sumber. kalo XRF sumbernya itu adalah XRay tube dan ngehasilin sinar X, kalo aurora ini sumbernya matahari dan ngehasilin partikel bermuatan. Prosesnya  hampir sama yaitu mengeksitasi partikel target dan ngehasilin release energy dalam bentuk cahaya. kalo XRF sayangnya energy release gak bisa dilihat mata kalo aurora keliatan dan kren bet :D 

No comments:

Post a Comment