sunset

sunset

Tuesday 14 June 2011

Wayang Golek sareung Bodor Sunda

Apa hal yang paling menarik dari  wayang golek ?? Jika pertanyaan ini ditujukan kepada saya maka Anda akan memperoleh jawaban : " Bodor Sunda".Berbicara wayang golek maka kita akan mengetahui banyak tokoh pewayangan. Tapi jangan tanyakan kepada saya tentang tokoh-tokoh yang ada karena saya hanya mampu menyebut nama Cepot, Dawala, dan Semar saja. Maklum,setiap saya nonton wayang golek saya selalu men-skip bagian "serius" sehingga langsung menonton bagian bobodorannya saja. Biasanya bobodoran ini ada di bagian tengah cerita.

Jaman dulu, wayang golek itu dimainkan semalam suntuk di suatu acara, hajatan pernikahan misalnya.Namun, seiring dengan perkembangan jaman  kita hanya cukup menonton wayang golek di  layar kaca  atau monitor saja  dan tidak perlu menonton semalam suntuk tentunya :)

Kekuatan serunya wayang golek itu sebenarnya ada di "keampuhan "seorang Dalang dalam menyajikan cerita .Bagaimana tidak, karena pada dasarnya cerita wayang itu sama dan sudah ada ketentuan bakunya .Kemampuan Dalang dalam mengolah cerita  dengan cara yang asyik (dengan menambahkan bobodoran yang lucu misalnya), itulah yang membedakan. Kekuatan dalang juga ada di kemampuan dalam menghasilkan suara yang berbeda untuk setiap karakter yang ditampilkan pada cerita.

Nih, salah satu bodor sunda yang ada di penggalan cerita wayang golek. Menurut saya, yang paling lucu ada di bagian 5 menit pertama.  
 
Mangga ditinggal, lumayan tiasa nyengir sakeudik pami nuju nyeuri waos, he..
( translate : Selamat menonton :p )
 
*maaf gambarnya kurang jelas





No comments:

Post a Comment