sunset

sunset

Thursday 8 January 2015

Kereta api Jin- Wess (Cibatu-Purwakarta)

Kereta Api Ekonomi Lokal Cibatu -Purwakarta, begitu PT. Kereta Api Indonesia menamai kereta api ini. Namun, bagi masyarakat tempat tinggal saya dan sekitarnya (Kadungora- Garut) sering menyebut kereta api ini "Jin Wess" atau "Jing Wess" . Entah bagaimana menuliskan kata "Jin Wess" ini, setidaknya itulah yang saya perkirakan. Dari mana asal usul penamaan kereta "Jin Wess" ini? entahlah, mungkin dari nama penemu mesin uap "James Watt" dan seterusnya masyarakat Garut salah dengar dan melafalkannya sebagai "Jin Wess" . Ah, entahlah. Saya tanya sana sini gak ada yang bisa jawab tentang ini.

Apa hal menarik dari kereta api "Jin Wess" ini? Kereta ini beroperasi dari Cibatu (stasiun paling ujung Garut) sampai Purwakarta hanya satu kali perjalanan setiap harinya, dan satu kali lagi rute sebaliknya, Purwakarta -Cibatu) . Dari Cibatu kereta berangkat shubuh (pukul 05:10) dan dijadwalkan kembali lagi ke Cibatu pada pukul 17:00. Nah, hal menariknya adalah untuk satu kali perjalanan Garut -Purwakarta, seorang penumpang hanya dikenakan biaya Rp 3.500 (Tiga ribu Lima ratus rupiah) . Super murah mengingat jarak Garut - Purwakarta yang sangat jauh. *Tarif ini berlaku umum, jadi walaupun Anda cuma ingin ke Bandung tetap sama tarifnya Rp. 3500
Jadwal Kereta Api Jin Wess

Tiket Kereta Api Jin Wess

Bagaimana kenyamanan kereta api murah ini? Saya pernah naik kereta api ini dulu jaman kuliah (tahun 2009an) dan terakhir kemarin 1 januari 2015. Kenyaman kereta api ini saat ini sangat jauh dibandingkan dahulu. *terima kasih untuk pembatasan tiket. Saat kemarin 1 januari saya naik kereta ini, alhamdulliah sangat nyaman, kecuali waktu tunggu di stasiun Leles yang hampir satu jam. Saat ini, pedangan asongan pun sudah tidak seliweran seperti dulu. Walaupun sudah dilarang, tapi saat ini masih ada pedangan asongan yang berjualan dengan cara kucing-kucingan dengan aparat keamanan kereta. Yah, mau gimana lagi, katanya kereta ini sudah menjadi tempat mencari rizki bagi mereka selama puluhan tahun, jadinya mereka susah move on. Lagi pula keberadaan pedagang asongan ini kadang membantu para penumpang yang kehausan atau memerlukan makanan pengganjal lapar. Maklum, penumpang kereta ini rata-rata berangkat nyubuh banget dari rumah masing-masing jadi belum sempat sarapan.

Uniknya lagi, kereta api ini sering dijadikan sebagai alat wisata untuk anak-anak. Anak-anak yang ingin mengetahui bagaimana rasanya naik kereta, biasanya diajak oleh orang tua mereka naik kereta ini . Murah kan untuk perjalanan pulang pergi, orang tua hanya menghabiskan Rp 7000 saja untuk tiket kereta. Yah itu memang di luar total pengeluaran karena kadang biaya jajan sang anak jauh lebih besar dibanding tarif kereta nya. Untuk mengakali biaya membengkak karena urusan perut, biasanya orang tua membawa bekal makanan, mereka membuat lontong dan perbekalan lainnya. Khas sunda pisan lah, kalo wisata kemana-mana pasti botram hahaha.

Tertarik untuk wisata murah dengan kereta Jin Wess ini? Pastikan Anda akan mendapatkan tiketnya. Pembatasan tiket untuk setiap stasiun menyebabkan antrian panjang setiap loket dibuka. Jadi, pastikan Anda ngantri setidaknya 2 jam sebelum kereta datang. Cukup berat memang, tapi hidup memang perlu perjuangan kan ? :D :) #halah :p

29 comments:

  1. Dari bandung mau ke sukaregang. naik KA, turun di cibatu. terus naik apa ya?

    ReplyDelete
  2. Klo mau ku sukaregang, sebenarnya Anda lebih baik turun di stasiun Leles (stasiun ini terletak d kec. Kadungora. *kadungora adalah pamekaran dari kecamatan Leles). Nah, dari stasiun leles, Anda bisa melanjutkan perjalan ke terminal guntur, bisa naik angkot kadungora- terminal guntur, bisa juga naek elf atau bis dari manapun yg tujuan akhirnya terminal Guntur( terminal Garut) *naik elf atau bis ini lbh murah dibanding naik angkot. Dari terminal guntur, Anda bisa melanjutkan naik angkot tujuan Sukaregang. Tpi jika Anda tetap ingin turun d stasiun cibatu, Anda tinggal naik angkot cibatu- terminal guntur, kemudian dilanjutkan dgn naik angkot ke sukaregan . *jarak kadungora - terminal guntur lebih dekat dibanding cibatu- terminal guntur .

    ReplyDelete
  3. Kalau dr stasiun cibatu-terminal guntur jam 10 mlm msh ada transport gak mbak? Biayanya brp yah kira2?

    ReplyDelete
  4. aduh kurang tau saya kalo dari stasiun Cibatu, saya orang kadungora soalnya. Klo mau ke terminal guntur, bisa juga turun di stasiun Leles, dari situ banyak bis atau elf dari mana-mana yang tujuan akhirnya terminal guntur. kalo naik bis atau atau elf biayanya 5ribuan klo gak salah

    ReplyDelete
  5. rencana pengen jalan2 ke daerah garut, tapi jalan2 murah meriah.. kalau mau ke tempat wisatanya, misalnya pemandian air hangat, enak turun di stasiun apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pemandian air panas yg dimksd adalah Cipanas (Bukan Kawasan Darajat), klo naik kereta bisa turun di stasiun Leles, nanti naik bis yg arah ke terminal Guntur (naik bis ini lebih murah,tapi hrs hati2 karena di depan stasiun leles itu banyak angkot jadi mereka marah klo kita naik bis, jadi klo ttp mau naik bis yak agak jalan ke depan lagi jauhi mamang angkot), turun di alun-alun Tarogong, nyambung lagi naik angkot yang ke Cipanas.

      Delete
  6. Halo, saya mau tanya, kalau mau ke jalan pasundan (daerah garut kota) lebih baik turun di stasiun mana ya? Lalu naik angkot apa ya sebaiknya?
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum pernah turun di cibatu sih, kalo ke arah terminal garut bisa turun di stasiun leles terus nyambung angkot atau elf

      Delete
  7. Kalau saya dari stasiun purwakarta ke terminal purwakarta naik apa ya?? Terima kasih

    ReplyDelete
  8. Kalau saya dari stasiun purwakarta ke terminal purwakarta naik apa ya?? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh kurang tau kalo ke terminal purwakarta. Tujuan akhirnya ke mana? di ciganea banyak bis yang ke arah cikampek,bekasi jakarta serta bandung garut yang lewat. Kalo ke ciganea, bisa naik angkot 03 dari stasiun purwakarta.

      Delete
  9. halo, saya mau tanya, saya ingin ke kampung buah condong, desa mekarwangi, kecamatan sukawening, garut. akses transportasi paling mudah dan cepat jika saya berangkat dari jakarta via apa ya? bus atau kereta? lalu naik angkot apa sebaiknya? terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Jakarta, akses tercepat dan termudah ke garut adalah naik bis, sekitar 4-5jam. Bisa dari Pasar rebo, Lebak Bulus atau Pool Bus Primajasa di Cililitan. Untuk mencapai ke sukawening, bisa menggunakan angkot 07 Terminal Guntur - Sukawening. Terminal Guntur adalah nama terminal bus di garut dan merupakan titik akhir dari bus-bus tujuan garut. Nah, saya belum pernah ke desa mekarwangi jadi tidak tahu setelah mencapai sukawening naik apa lagi. Tapi, untuk beberapa daerah di kecamatan-kecamatan garut ada namanya angdes atau angkutan perdesaan, semacam angkot tapi menghubungkan desa-desa dalam satu kecamatan. mungkin bisa ditanya ke mamang angkot 07. JIka, tidak ada angkot, maka angkutan yang umum digunakan adalah ojek, namun yah itu, harganya kadang suka tidak masuk akal. Semoga membantu

      Delete
  10. mbak, sya mau tanya. klo dari hotel sari papandayan ke stasiun cibatu ada transportasi langsung gak ya? minggu depan ada acara kantor di hotel sari papandayan, tapi saya mau pulang lebih awal karena mau balik ke purwokerto. Klo naik bis jurusan garut-purwokerto sy takut gak aman, makanya saya pilih opsi naik kereta dari st. cibatu. Mohon informasi untuk rute saya tersebut, atau apabila ada alternatif lain yang lebih mudah, saya akan sangat senang, trimakasih sebelumnya...*respon dr mbak susilawati amat saya tunggu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hotel Sari Papandayan letaknya di kecamatan Cisurupan, saya khawatir tidak ada transportasi langsung dari sana sampai ke stasiun cibatu (transportasi online juga belum ada di garut). Paling dari sana ke terminal garut dulu kemudian nyambung lagi transportasi lain ke stasiun cibatu. Maaf jika kurang membantu, saya kurang familiar juga dengan transportasi ke cibatu

      Delete
  11. Kalo dari stasiun leles mau ke darajat pass naik apa enaknya dan berapa tarif terbarunya mba? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sendiri bisa sih ngeteng angkutan umum (walau ribet). Pertama dari stasiun leles naik angkot ke terminal guntur. dari sana lanjut naik angkot ke arah samarang,turun di pertigaan samarang-darajat, dari situ naik angkutan pedesaan yang ke pasir wangi, dari pemberhentian terakhir di pasir wangi masih harus nyambung ojek lagi. Kalo bareng2, enakan nya mah rental mobil aja. Kalo tertarik, tinggalin alamat email aja nanti saya kirim kontaknya (lebaran lalu saya ke darajat pass pake jasa rental mobil ini juga)

      Delete
  12. Mau tanya teh.. kalo rute terdekat menuju terminal guntur itu stasiun Leles kan.. tapi sy udh terlanjur beli tiket yg turun di stasiun Cibatu.. boleh turun di stasiun leles ga yah kira2??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kereta api nya berhenti di stasiun Leles, Teteh bisa turun di Stasiun Leles. Teteh pesen tiket apa? kalo misal kereta yang ke arah Jawa biasanya gak berenti di stasiun Leles. Cek dlu aja di web KAI ada gak rute dari stasiun naik teteh (misal Bandung) ke Stasiun Leles, kalo misal gak muncul berarti gak berenti. Gitu, Teh.

      Delete
  13. Mau tanya teh.. kalo rute terdekat menuju terminal guntur itu stasiun Leles kan.. tapi sy udh terlanjur beli tiket yg turun di stasiun Cibatu.. boleh turun di stasiun leles ga yah kira2??

    ReplyDelete
  14. Oia teh mau nanya lagi.. kalo dr stasiun Cibatu kira2 ada Elf gak yg ke guntur?? Mksh

    ReplyDelete
  15. Garutama Trans : Jasa Rental mobil Murah Stasion di Garut . Phone 0811 951 900

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. teh mau nanya, ada ga ya angkot dri terminal guntur ke stasiun cibatu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kurang tau klo yg dari stasiun cibatu eung. Belum pernah turun di sana soalnya. Punten

      Delete
  18. teh maaf saya alra, mau tanya kalau ke garut lebih enak turun stasiun apa ya dari jakarta, rencana tujuan ke telaga sampireun teh. mohon infonya teh. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke Garut dari Jkt kata sya mah enakeun naik bis primajasa, Teh.cuma sekali naik turun ke garut nya

      Delete
  19. Kalo dari stasiun cibatu ke sukawening naik apa ya?

    ReplyDelete
  20. Tolong dibantu, rencana saya mau ke kamojang resort, kalo dari stasiun cibatu ke jalan Raya Samarang naik apa ya?

    ReplyDelete