sunset

sunset

Thursday 26 September 2013

Teknik Fisika ITB Juarai National Material Innovative University Competition (NANOVERSION) 2011 [Late Post]

NANOVERSION 2011 merupakan kompetisi karya ilmiah mahasiswa tingkat nasional yang diselenggarakan  oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Material dan Metalurgi, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya. Dengan mengangkat tema “ Spirit to Change the World for Better Life With Innovative Materials” maka setiap mahasiswa ditantang untuk mengirimkan karya tulis di bidang material yang kemudian akan diadakan seleksi oleh para juri. 

Setelah proses penyeleksian awal maka terpilih 5 tim  (dari 50 tim yang mendaftar) yang akan berlaga di Grand Final.Pada tahap Grand Final, setiap tim diberi kesempatan mempresentasikan karyanya selama 15 menit yang dilanjutkan dengan tanya jawab oleh Juri dan penonton selama 15 menit. Grand Final ini diadakan pada tanggal 18 Desember 2011 di Gedung PascaSarjana lt.3, ITS kampus Sukolilo, Surabaya.

Sesi Presentasi dan Tanya jawab 

Dua tim dari Lab. Advance Processing Material Teknik Fisika ITB atas bimbingan dari Bapak Prof. Dr. Ir. Bambang Sunendar, M.Eng berhasil mendapat gelar juara 1 dan 3. 

Dari kiri ke kanan : 
Muhammad Rifqi Aufan, Susilawati, Lucyana Dwi Larasati, Mohammad Fahmi Rahmana, Angga Hudaya

Juara 1 yang terdiri dari Muhammad Rifqi Aufan (13308034), Susilawati (13308096), dan Lucyana Dwi Larasati (13308097) dengan karya Mikrokapsul Silika dengan Metode Sol-Gel sebagai Teknologi Drug Release dan Drug Delivery Sistem.

Juara 3 yang terdiri dari Mohammad Fahmi Rahmana (13308012) dan Angga Hudaya (13308020) dengan karya Sintesis dan Karakterisasi Serbuk Nanokomposit (Zirkonia-Alumina-Silika) sebagai Bahan Restorasi Gigi.

Adapun juara 2 didapat oleh tim dari jurusan Kimia ITS dengan karya Nanomaterial alpha Fe2O3 dari Bottom Ash dengan Metode Modifikasi Hidrotermal sebagai Katalis Oksidasi Sempurna Senyawa Organik. Sedangkan  dua tim dari jurusan Teknik Material-Metalurgi UI masing-masing di peringkat 4 ( Penggunaan Limbah Rambut Manusia sebagai Inhibitor pada Baja Karbon Rendah) dan  peringkat 5 ( Pemanfaatan Cangkang Udang sebagai Bahan Proteksi Korosi Paduan Magnesium untuk Aplikasi Material Biomedis).


*Abis ngerapihin folder di netbook terus nemu file ini. File yang diberikan kepada salah satu dosen, entah buat apa. Daripada terlupakan mending di post di blog ini *pamer? dikit :p . Biar memotivasi diri sendiri buat tetap berkarya *halah :D

# tiga foto lagi :)





No comments:

Post a Comment